Meraup Untung Budidaya Jamur Tiram, Modal Awal Cuma Rp 2,5 Juta

Kompas.com - 11/08/2019, 16:07 WIB
Sumarni sedang memanen jamur tiram, Minggu (28/4/2019). Sumarni merupakan salah satu pembudidaya jamur di Desa Kuniran, Kabupaten Ngawi, Jawa TimurMOMPAS.com/SUKOCO Sumarni sedang memanen jamur tiram, Minggu (28/4/2019). Sumarni merupakan salah satu pembudidaya jamur di Desa Kuniran, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu jenis jamur yang banyak dibutuhkan untuk dibuat ragam produk makanan adalah jamur tiram.

Bentuk jamur yang seperti cangkang tiram ini bisa dipakai sebagai bahan masakan, atau juga produk camilan seperti keripik jamur atau jamur krispi.

Nah, salah satu daerah yang punya sentra pembuatan produk jamur tiram adalah Nagari Suayan Tinggi, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Di daerah tersebut terdapat para pembuat produk makanan dan camilan berbasis jamur tiram.

Melihat hal tersebut, para penduduk di Nagari Suayan Tinggi pun mencoba untuk bisa memenuhi kebutuhan jamur tiram di wilayahnya. Caranya dengan melakukan budidaya jamur tiram.

Salah satu pelaku usahanya adalah Yuharmonis. Ia baru saja menggeluti budidaya jamur tiram sejak Februari 2019.

Baca juga: Modal Rp 2 Juta, Pemuda Ini Hasilkan Puluhan Juta dari Jamur Merang

Kebetulan, dalam memulai usaha ini, ia mendapat bantuan modal dari PT Permodalan Nasional Madani (PNM) sebesar Rp 2,5 juta. Dengan modal tersebut, ia memulai usaha budidaya jamur tiram dengan membeli sejumlah bahan baku, seperti serbuk gergaji halus, gilingan padi atau dedak, serta kapur bukit.

Semua komponen tersebut diperlukan sebagai sarana untuk membudidayakan jamur tiram yang punya nama latin pleourotus ostreatus.

Agar bisa menghasilkan media tanam tersebut, seluruh bahan baku dicampur menjadi satu dan kemudian dihaluskan dengan alat pencampur. Setelah menjadi satu, diamkan hingga satu hari penuh.

Setelah itu, dimasukkan ke dalam wadah plastik.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X