[POPULER MONEY] Menkeu Tolak Kenaikan Tunjangan Direksi BPJS | Biodisel B30 Efektif Tahun Depan

Kompas.com - 14/08/2019, 06:14 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani di GIIAS 2019 KOMPAS.com/RulyMenteri Keuangan Sri Mulyani di GIIAS 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, direksi dan pengawas BPJS mengajukan kenaikan gaji dan tunjangan.

Dari dua permintaan itu, hanya satu yang dikabulkan yaitu kenaikan gaji. Sementara untuk kenaikan tunjangan, ditolak oleh Menteri Keuangan.

Berita tersebut menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Selasa (14/8/2019). Berita lainnya adalah penggunaan biodisel B30 pada tahun depan. Berikut rangkumannya:

1. Menkeu Tolak Kenaikan THR Hingga Fasilitas Olahraga Direksi dan Pengawas BPJS

Menteri Keuangan Sri Mulyani menolak berbagai permintaan yang terkait dengan komponen manfaat untuk Direksi dan anggota Dewan Pengawas BPJS.

Permintaan itu berupa surat usulan dari BPJS Ketenagakerjaan agar Kemenkeu melakukan perubahan atau penambahan beberapa hal yang diatur di Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 34/2015.

"Pemerintah menolak berbagai tunjangan yang diusulkan," kata Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti dalam siaran pers, Jakarta, Selasa (13/8/2019).

"Dan pemerintah menilai hanya satu komponen yang layak dipenuhi dan ini sesuai dengan ketentuan yang diterima," sambung dia. Nufransa mengatakan, permintaan itu meliputi kenaikan tunjangan hari raya (THR) keagamaan, tunjangan cuti tahunan, tunjangan cuti besar, dan tunjangan perumahan. Selengkapnya baca di sini.

2. Jokowi Ingin Januari 2020 Penggunaan B30 Sudah Bisa Diberlakukan

Presiden Joko Widodo memutuskan, program Biodiesel 30 ( B30) bakal mulai berlaku efektif pada Januari 2020. Adapun mulai 1 Oktober 2019 ini, pemerintah akan mulai melakukan persiapan pemberlakuan program tersebut.

Hal tersebut didasarkan pada hasil laporan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan, Menko Perekonomian Darmin Nasution serta direksi Pertamina yang menunjukkan 97 persen dari penggunaan B20 telah termanfaatkan dengan baik.

"Maka Bapak Presiden memutuskan mulai 1 Oktober untuk persiapan biodiesel 30 (B30), 1 Oktober tahun 2019 ini dan nanti akan efektif dijalankan pada bulan Januari tahun 2020,” ujar Sekretaris Kabinet Pramono Anung seperti dikutip dari keterangan di laman resminya setkab.go.id, Selasa (13/8/2019).

Dia menjelaskan, Presiden pun menekankan agar pada Desember 2020 persiapan lanjutan untuk B50 sudah bisa dijalankan. Menurut dia, pihak Menko Perekonomian pun telah menyampaikan 3 tahun dari tahun 2018 progra B100 sudah bisa dijalankan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X