Lebih dari 2 Juta Orang ASN Indonesia Belum Sarjana

Kompas.com - 21/08/2019, 12:46 WIB
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN) CHRISTOFORUS RISTIANTO/KOMPAS.comIlustrasi Aparatur Sipil Negara (ASN)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin mengatakan, sekitar 2.250.000 orang Aparatur Sipil Negara ( ASN) di Indonesia belum mendapat gelar sarjana.

“Dari ASN yang jumlahnya 4,5 juta, baru 50 persen yang sarjana,” ujar Syafruddin di Jakarta, Rabu (21/8/2019).

Atas dasar itu, lanjut mantan Wakil Kepala Polri itu, pemerintah menginginkan para ASN tersebut memperoleh gelar sarjana. Tujuannya, untuk menciptakan sumber daya manusia ( SDM) yang unggul.

“Yang belum sarjana kita sarjanakan, yang sudah S1 kita S2-kan,” kata Syafruddin.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Generasi Smart ASN, Begini Caranya

Pemerintah, kata Syafruddin, telah menandatangani nota kesepahaman dan melaunching program double degree peningkatan kapasitas Aparatur Sipil Negara dalam mendukung reformasi birokrasi.

Dalam kerja sama ini, pemerintah menggandeng universitas negeri nasional dan universitas di Australia dan Selandia Baru.

“Salah satu aset bangsa adalah SDM. Negara bisa besar tidak hanya dipicu hanya dari sumber daya alam saja, tapi SDM lah yang merupakan kekayaan hakiki yang dimiliki oleh bangsa,” ucap dia.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyatakan tengah mempersiapkan generasi Smart ASN. Ini bertujuan untuk mengatasi tantangan dan hambatan dalam mendorong visi Indonesia 2045.

Baca juga: Wacana Single Salary ASN, Ini Kata Kemenpan RB

"Saat ini total PNS berjumlah 4.287.526 orang, di mana sebanyak 39 persen merupakan tenaga administratif. Karenanya kondisi tersebut perlu direstrukturisasi agar ASN didominasi jabatan fungsional teknis dan berkeahlian profesional yang lebih optimal mendukung pembangunan baik di pusat maupun daerah," ujar Syafruddin.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X