Perlancar Distribusi Semen, Dua BUMN Ini Jalin Kerja Sama

Kompas.com - 28/08/2019, 22:58 WIB
ilustrasi semen Thinkstock.comilustrasi semen

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelindo III (Persero) bekerjasama dengan PT Semen Indonesia (Persero) dalam bidang logistik, energi, dan kepelabuhanan.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan, sinergi BUMN ini dilandasi berbagi keahlian agar dapat memberikan nilai lebih pada bisnis masing-masing.

“Pelindo III memiliki kemampuan dan fasilitas di sektor logistik pelabuhan yang dapat mendorong distribusi dari produk-produk Semen Indonesia ke pelosok negeri,” ujar Doso dalam keterangan tertulisnya, Rabu (28/8/2019).

Di bidang energi, lanjut Doso, Pelindo III akan menyediakan fasilitas sumber energi listrik untuk kapal sandar di dermaga yang bisa dimanfaatkan untuk menyuplai energi listrik pada crane bongkar muat yang ada di kapal milik Semen Indonesia.

Baca juga: Industri Semen Mulai Menggeliat, Ini Rekomendasi Untuk Saham Produsen Semen

Dengan begitu, diharapkan bisa lebih menghemat biaya operasional. Sebab, penggunaan energi listrik lebih efisien ketimbang menggunakan bahan bakar minyak untuk diesel mesin tambahan kapal saat sandar.

Pelindo III sebagai BUMN operator pelabuhan juga siap membantu mengoperasikan sejumlah pelabuhan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) yang dimiliki Semen Indonesia di berbagai daerah.

“Tujuan utamanya yaitu untuk meningkatkan utilisasi aset TUKS yang masih rendah pemanfaatannya agar bisa meningkat,” kata Doso.

Sementara itu, Direktur Utama Semen Indonesia Hendi Prio Santoso menambahkan, peningkatan arus bongkar muat pelabuhan juga akan memberikan peningkatan efisiensi.

Baca juga: Semen Indonesia Beli 80 Persen Saham Holcim Senilai Rp 13,57 Triliun

“Jadi yang dibutuhkan (dalam bisnis) sekarang ini tidak hanya penguasaan fasilitas. Tapi peningkatan utilisasi pelabuhan dan saling berbagi manfaat ekonominya. Karenanya dibutuhkan mitra yang kompeten seperti Pelindo III dan juga tidak menutup kemungkinan untuk melibatkan pihak ketiga,” katanya.

Hendi berharap, dengan adanya sinergi operasi logistik dan kepelabuhanan dengan Pelindo III, Semen Indonesia dapat semakin meluaskan jangkauan dan penguasaan distribusi produknya ke banyak pasar baru di Indonesia.

“(Bila sinergi operasi ini sudah lancar) produk akan lebih cepat sampai ke pelanggan, dengan harga yang lebih terjangkau pula. Di antaranya diharapkan dapat mendorong akselerasi pengiriman dari pabrik di Tuban dan Cilacap,” ujar dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X