Ingin Pernikahan Damai dari Masalah Keuangan, Simak Tips Berikut

Kompas.com - 31/08/2019, 17:17 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada umumnya yang dipersiapkan oleh calon pasangan yang akan menikah hanya sebatas biaya pernikahan, tidak dibarengi dengan perencanaan biaya pasca-menikah.

Tidak heran, akhirnya masalah ekonomi kerap menjadi salah satu faktor penyebab perceraian.

Kepala Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS) PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Justitia Tripurwasani mengatakan, terdapat beberapa hal yang perlu disiapkan pasangan agar kondisi keuangan keluarga tetap sehat setelah menikah.

Yakni mulai dari saling terbuka satu sama lain mengenai kondisi keuangan, hingga menentukan instrumen investasi sesuai dengan kebutuhan keluarga dan masing-masing pasangan.

Baca juga: Percaya atau Tidak, Menikah itu Bikin Kaya Lho...

Berikut tips investasi bagi pasangan baru menikah menurut Justitia:

1. Keterbukaan dengan pasangan

Sebelum masuk ke jenjang pernikahan, lakukan diskusi keuangan bersama pasangan Anda. Masing-masing harus terbuka tentang berapa pinjaman yang ditanggung, jumlah anggota keluarga yang harus ditanggung (bila ada), identifikasi sumber penghasilan dan berapa penghasilan yang diperoleh.

"Selanjutnya, buat kesepakatan bersama, misalnya untuk saling meminta izin sebelum melakukan pembelanjaan di atas nominal tertentu," ujar Justitia seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya.

2. Susun tujuan keuangan

Bahas secara mendalam bersama pasangan, apa saja tujuan keuangan jangka panjang yang ingin diraih bersama.

Halaman:


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X