Menhub Lantik 2.597 Perwira Transportasi di Monas

Kompas.com - 18/09/2019, 11:28 WIB
Ribuan lulusan Perwira Transportasi sekolah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengikuti upacara kelulusan di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (18/7/2019). KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGARibuan lulusan Perwira Transportasi sekolah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengikuti upacara kelulusan di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (18/7/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melantik sebanyak 2.597 Perwira Transportasi pada Upacara Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu di Lapangan Timur Monas, Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Pada Upacara ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bertindak sebagai Inspektur Upacara sekaligus melantik para Perwira Transportasi melalui prosesi penyematan Epolet Perwira dan pengalungan samir kepada tiga perwakilan lulusan terbaik dari masing-masing matra.

Kegiatan Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu ini diselenggarakan untuk membangun jiwa korsa korps perwira transportasi sebagai perwujudan solidaritas dari seluruh matra di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Kemenhub.

Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu tahun ini menjadi bagian dari rangkaian Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2019 dengan mengusung tema “Pengembangan SDM yang Berkelanjutan Dalam Meningkatkan Daya Saing Global”.

Baca juga : Majukan Transportasi, Menhub Minta Pemda Berkolaborasi

Para Perwira Transportasi yang dilantik hari ini berasal dari 15 Sekolah yang terbagi atas tiga matra yaitu Darat, Laut dan Udara dengan rincian, untuk Matra Darat, Sekolah Tinggi Transportasi Darat Bekasi, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal, Politeknik Perkerataapian Indonesia Madiun.

Matra Laut yaitu, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, PIP Makassar, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Poltekpel Banten, Poltekpel Barombong, dan Poltekpel Sumatera Barat.

Sedangkan Matra Udara yaitu, Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug, Politeknik Penerbangan Surabaya, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar, ATKP Medan  dan Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi.

Sekolah-sekolah transportasi di lingkungan BPSDMP tersebut melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang menitikberatkan pada tiga hal, yaitu pembangunan karakter positif, peningkatan akses dan kualitas pendidikan, serta mendorong link and match antara industri dengan pendidikan vokasi.

Jumlah lulusan yang mengikuti Pelantikan Perwira Transportasi Terpadu Tahun 2019 ini, mengalami peningkatan, setelah pada tahun 2017 diikuti 2.046 orang lulusan dan pada tahun 2018 lalu diikuti sebanyak 2.472 orang lulusan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X