Kompas.com - 24/09/2019, 05:07 WIB
Beragam jenis kopi nusantara dipamerkan dalam Rembug Kopi di gedung SMESCO, Jakarta, 20-22 September 2019 KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDIBeragam jenis kopi nusantara dipamerkan dalam Rembug Kopi di gedung SMESCO, Jakarta, 20-22 September 2019

JAKARTA, KOMPAS.com - Persaingan pasar untuk minuman kopi semakin ketat sering dengan masuknya berbagai varian segmen kopi baru seperti produk kopi dalam kemasan botol atau ready to drink (RTP).

Meski demikian, segmen kopi baru tersebut masih belum bisa menggeser dominasi kopi sachet sebagai penguasa di pasaran.

“Kalau sementara saya lihat masih sachet yang terbesar,“ jelas Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia (GAPMMI), Adhi Lukman seperti dikutip dari Kontan.co.id, Senin  (23/9/2019).

Baca juga: Pemerintah Diminta Bikin Regulasi Ekspor Biji Kopi Sangrai, Apa Sebabnya?

Popularitas kopi sachet didorong oleh banyaknya varian produk-produk kopi sachet yang ditawarkan oleh produsen.

Adhi menyebutkan, populasi masyarakat Indonesia masih didominasi oleh penduduk usia produktif dengan komposisi hampir mencapai 60 persen dari total penduduk.

Menurut dia, karakteristik pasar dari konsumen yang berada pada rentang usia produktif umumnya ditandai dengan kecenderungan untuk mengkonsumsi produk-produk baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karenanya, produk kopi kemasan yang memiliki banyak varian dan produk baru dinilai memiliki keunggulan dalam menarik segmentasi pasar pada rentang usia tersebut.

Baca juga: Bisnis Kopi Menjanjikan, tetapi...

Selain itu sebut dia, kopi sachet juga memiliki keunggulan lain dari segi harga. Dibanding segmen produk kopi lain, kopi sachet umumnya dipatok dengan harga yang lebih murah lantaran memiliki biaya produksi yang lebih rendah bila dibandingkan dengan segmen produk kopi lainnya.

Namun demikian, Adhi juga mengingatkan bahwa ke depannya ke depannya persaingan bisnis di pasar kopi sachet akan semakin berat.

Dia menyebutkan, populasi penduduk Indonesia memiliki pertumbuhan yang cukup tinggi dengan rata-rata pertumbuhan mencapai tiga hingga empat juta penduduk setiap tahunnya.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.