Mengelola Keuangan Lajang Vs Menikah, Cek Tipsnya

Kompas.com - 24/09/2019, 08:18 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda mau berinvestasi, cara pertama yang harus Anda ubah adalah cara mengelola uang Anda. Jika mengelola uang sudah tak jadi masalah, barulah Anda bisa menyisihkannya untuk investasi.

Tetapi tahukah Anda cara mengelola uang bagi yang masih lajang dengan orang yang sudah menikah berbeda? Ada pos-pos pengeluaran tertentu yang perlu Anda perhatikan dilihat dari status perkawinan Anda.

Nah, berikut ini cara mengelola uang secara baik dan benar bagi lajang dan sudah menikah ala perencana keuangan Prita Hapsari Ghozie.

Baca juga: Tips Memperbaiki Keuangan Anda Sebelum 2019 Berakhir

 Lajang

Bagi Anda yang masih lajang atau milenial, utamanya bagi fresh graduate, Prita menyarankan Anda harus sadar diri dengan kemampuan finansial. Artinya, tidak usah terlalu mengikuti tren bila uang Anda pas-pasan.

Bagi yang lajang, keuangan juga hanya dibagi dalam dua pos pengeluaran, yakni 25 persen dan 75 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"UMP (Upah Minimum Provinsi) memang hanya bisa dibagi dua pos. yaitu 75 persen untuk komitmen-komitmen seperti pembayaran kos, kontrak, dan kewajiban lainnya. Sementara 25 persen untuk menabung dan dana darurat," kata Prita H. Ghozie beberapa waktu lalu.

Karena 25 persen mesti disisihkan untuk menabung dan berinvestasi, maka harus diambil di awal saat Anda baru menerima gaji. Sehingga UMP Anda bisa mencukupi kebutuhan Anda, ditambah menabung dan dana darurat.

"Jadi kita itu hidup memang harus 75 (persen) dari apa yang kita hasilkan. Sudah gampang banget, ngapain ribet," ucap dia.

Baca juga: Tips agar Keuangan Tak Tergerus Inflasi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X