Pertama Kalinya, Jumlah Orang Kaya China Lampaui AS

Kompas.com - 22/10/2019, 19:21 WIB
Ilustrasi miliarder Thinkstockphotos.comIlustrasi miliarder
Penulis Mutia Fauzia
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, China mencatatkan lebih banyak orang kaya dibandingkan Amerika Serikat dalam populasi 10 persen orang paling kaya di dunia.

Berdasarkan laporan terbaru Credit Suisse seperti dikutip dari CNN, Selasa (22/10/2019) terdapat 100 juta penduduk China yang masuk dalam kategori 10 persen orang terkaya di dunia.

Sementara Amerika Serikat hanya memiliki 99 juta penduduk yang masuk di kategori tersebut

Credit Suisse menjelaskan, mereka yang masuk dalam kategori 10 persen penduduk paling kaya di dunia memiliki aset bersih senilai 109.400 dollar AS.

Meningkatnya jumlah penduduk kaya China membuat mereka mengambil alih posisi Eropa sebagai salah satu sumber pertumbuhan kekayaan global.

Baca juga: Karena Gono-Gini, Mantan Istri Jeff Bezos jadi Orang Terkaya ke-15 di AS

 

Hal tersebut bisa dilakukan China meski perekonomiannya dibebani oleh perang dagang.

"Kondisi perdagangan dan level utang (China) memang menjadi perhatian, namun tanda-tanda untuk beberapa tahun ke depan masih positif," tulis Credit Suisse dalam laporan tersebut.

Laporan tersebut menggambarkan bagaimana sebagian besar kekayaan dunia hanya terkonsentrasi di sebagain kecil orang. Sementara 50 persen penduduk dewasa memiliki kekayaan kurang dari 1 persen total kekayaan global.

Sementara 10 persen orang terkaya memiliki 82 persen kekayaan global.

Adapun mereka yang masuk dalam kategori 1 persen penduduk paling kaya di dunia, memegang hampir separuh dari aset global. Kategori 1 persen penduduk paling kaya di dunia, memiliki aset bersih yang dibutuhkan senilai 936.400 dollar AS.

Baca juga: Intip Rumah Mewah 5 Orang Terkaya di AS, Siapa Paling Mahal?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber CNN
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X