Laba Amazon Anjlok, Investor Mulai Gelisah

Kompas.com - 25/10/2019, 11:35 WIB
Aplikasi belanja Amazon Shopping di Android. IstimewaAplikasi belanja Amazon Shopping di Android.

JAKARTA, KOMPAS.com - Amazon menghabiskan banyak uang untuk terus mengembangkan bisnisnya. Namun hal ini membuat investor gelisah.

Dikutip dari CNN Jumat (25/10/2019), Amazon mengatakan bahwa keuntungan kuartal III-2019 hanya 2,1 miliar dollar AS, turun dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 2,9 miliar dollar AS.

Penurunan yang hampir mencapai 28 persen itu disebabkan perusahaan sedang berinvestasi besar-besaran untuk mempercepat pengiriman barang.

Penurunan laba tersebut disambut turunnya saham Amazon sebanyak 8 persen dalam perdagangan after-hour Kamis waktu setempat.

Baca juga: 2040, Amazon Targetkan Menjadi Perusahaan e-commerce terbesar yang bebas polusi

Pada April lalu, Amazon mengumumkan akan menghabiskan dana sebanyak 800 juta dollar AS untuk membuat standar pengiriman satu hari kepada pelanggan yang berlangganan layanan keanggotaan Prime.

Namun tiga bulan kemudian, Amazon mengatakan biaya yang diperkirakan menjadi lebih tinggi.

Dalam pernyataannya pada Kamis (24/10/2019), CEO Amazon, Jeff Bezos mengatakan investasi akan bermanfaat untuk jangka panjang.

"Pelanggan menyukai transisi Prime dari dua hari menjadi satu hari - mereka telah memesan miliaran barang dengan pengiriman satu hari gratis tahun ini," kata Bezos.

"Ini investasi besar, dan ini adalah keputusan jangka panjang yang tepat untuk pelanggan." sambungnya.

Biaya pengiriman yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk kuartal III-2019 mencapai 9,6 miliar dolar AS, naik 46 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. 

Baca juga: Karyawan Amazon Bakal Turun ke Jalan Lakukan Protes, Apa Alasannya?

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X