Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Tangan Kanan Sri Mulyani, Ini Profil Suahasil Nazara

Kompas.com - 25/10/2019, 13:05 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menunjuk Kepala Badan Kebijakan Fiskal Suahasil Nazara menjadi Wakil Menteri Keuangan yang sebelumnya dijabat Mardiasmo. Suahasil akan mendampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Saya diminta untuk jadi wakil menteri keuangan," kata Suahasil setelah menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Suahasil mengaku diminta untuk membantu memperbaiki berbagai kebijakan untuk upaya mempercepat investasi, meningkatan serapan tenaga kerja, hingga pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Profil Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin, dari Bankir Hingga Rebut Freeport

Dengan rekam jejaknya sebagai seorang pengajar sekaligus Guru Besar di bidang Ilmu Ekonomi FEB UI, pekerjaan rumah yang harus dia rampungkan untuk mempercepat investasi hingga menjaga momentun pertumbuhan ekonomi bukan lagi hal yang asing.

Dikutip dari laman resmi Kemenkeu, Suahasil mengawali karir menjadi PNS sebagai dosen pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB-UI) sejak 1999, dan pada tahun 2009 mendapatkan gelar Guru Besar (Profesor) di bidang Ilmu Ekonomi.

Di lingkungan FEB-UI, Suahasil pernah menjadi Kepala Program Studi Pascasarjana Ilmu Ekonomi (2004-2005), Kepala Lembaga Demografi (2005-2008), dan Ketua Departemen Ilmu Ekonomi (2009-2013).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com