Waze Tambah Fitur Baru, Pengendara Bisa Cek Tarif Jalan Tol

Kompas.com - 30/10/2019, 21:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Platform yang mempertemukan komunitas di jalan maupun di luar jalan, Waze mengumumkan peluncuran fitur Tarif Jalan Tol di Indonesia. Lewat fitur ini, memungkinkan bagi pengguna untuk melihat dan membandingkan harga ketika berkendara di sepanjang rute jalan tol.

Tujuannya untuk membantu pengendara mengambil keputusan dengan memberikan visibilitas harga sebelumnya. Sehingga pengguna bisa membandingkan tarif dari rute yang berbeda dan perkiraan waktu tempuh sesuai pilihan.

Fitur hyperlocal ini tersedia berkat usaha komunitas Waze yang terdiri dari lebih dari 30.000 Map Editor aktif di Indonesia setiap bulannya. Komunitas inilah yang secara sukarela membantu mengumpulkan dan memasukkan informasi tarif jalan tol ke dalam aplikasi.

Baca juga: BPJS Kesehatan: Kenaikan Iuran Tak Besar DIbandingkan Manfaatnya...

Hal ini menandakan bahwa Waze merupakan aplikasi yang sangat didukung oleh masyarakat dan digerakkan oleh komunitas.

“Hingga saat ini, Waze selalu berupaya mengurangi waktu yang dihabiskan dalam kemacetan dan sekarang, kami juga membantu para pengguna kami dalam menghemat biaya perjalanan dengan memberikan alternatif rute terbaik, berdasarkan perkiraan waktu tempuh (ETA) serta biaya tol selama perjalanan," ujar Moriah Royz, Product Manager Waze dalam keterangan tertulis seperti dikutip Kontan.co.id, Jakarta pada Rabu (30/10/2019).

Kami berharap dapat terus bekerja sama dengan komunitas kami agar fitur ini tersedia di seluruh kawasan,” sambungnya.

Fitur yang kompatibel dengan jalur padat kendaraan ini secara otomatis dapat digunakan dan pengguna dapat melihat tanda Tol di rute yang melalui jalan tol.

Baca juga: YLKI: Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Bisa Picu Gerakan Turun Kelas

Pengendara dengan kartu e-toll juga dapat memilih ini di aplikasi Waze, sehingga dapat selalu terhubung dengan aplikasi Waze ketika rute-rute pilihan ditampilkan.

“Berkat seluruh Map Editor Waze di Indonesia, sekarang semua pengguna Waze dapat terlebih dahulu merencanakan berapa banyak dana yang diperlukan untuk perjalanan mereka, terutama biaya tol. Aplikasi Waze secara langsung menginformasikan tentang total biaya tol untuk masing-masing rute, sehingga para pengguna bisa memilih rute dengan lebih efisien. Kami berharap pengembangan fitur kami yang berkelanjutan senantiasa memberikan manfaat bagi para pengguna kami di Indonesia,” menurut Marlin R. Siahaan, Country Manager Waze Indonesia. (Maizal Walfajri)

Baca juga: Menteri Perdagangan: Impor Akan Dikurangi, Asal...

 

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Waze luncurkan fitur tarif jalan tol bagi pengendara di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.