Saudi Aramco Bakal Melantai di Bursa Saham di Desember 2019

Kompas.com - 04/11/2019, 06:29 WIB
Kilang minyak milik Aramco arabianbusiness.comKilang minyak milik Aramco

DHAHRAN, KOMPAS.com - Arab Saudi akhirnya secara resmi meluncurkan penawaran umum perdana ( IPO) untuk perusahaan minyak mereka, Saudi Aramco pada Minggu (3/11/2019) waktu setempat.

Seperti dikutip dari CNBC, Saudi Aramco akan melantai di bursa saham domestik di Desember tahun ini.

Regulator pun telah menyetujui rencana tersebut, namun detil mengenai besaran IPO masih belum diketahui.

Dalam keterangan tertulisnya, Saudi Aramco mengatakan harga final dari saham, serta jumlah saham yang ditawarkan begitupula dengan persentase saham yang akan ditawarkan bakal diumumkan di akhir periode pemesanan atau book-building.

Presiden dan Chief Executive Saudi Aramco Amin Nasser mengatakan, tujuan perusahaan adalah untuk menjadi adalah untuk menjadi perusahaan energi dan bahan kimia terintegrasi unggulan di dunia.

Baa juga : Proyek Revitalisasi Kilang Cilacap, Negosiasi Pertamina-Saudi Aramco Segera Rampung

"Misi kami adalah untuk memberikan para pemegag saham nilai jangka panjang melalui siklus harga minyak mentah dengan mempertahankan keunggulan kami dalam produksi minyak dan gas, juga memberi nilai tambah seluruh rantai nilai hidrokarbon dan juga portofolio kami yang menguntungkan," ujar Nasser.

Adapun dalam keterangan pers, Nasser mengatakan, prospektus IPO perusahaan akan diterbitkan pada 9 November. Selain itu, dia juga menjelaskan dengan tercatatnya saham Aramco di perusahaan merupakan bentuk diversifikasi ekonomi untuk memperkuat bursa saham setempat dengan menarik minat baik investor lokal maupun internasional.

"Untuk kami, Saudi Aramco, kami pikir kami bangga dengan pencatatan saham ini. Ini akan meningkatkan visibilitas kami di tingkat internasional," ujar dia.

Sementara iut, untuk rencana mencatatkan saham di bursa internasional masih akan dipertimbangkan dalam beberapa waktu ke depan.

Namun demikian, Chairman Aramco Yasser al Rumayyan mengatakan dirinya belum bisa memberikan penjelasan yang lebih rinci mengenai valuasi perusahaan atau besaran saham yang ditawarkan di bursa internasional nantinya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X