Menhub Pantau Operasional Sriwijaya Air

Kompas.com - 11/11/2019, 13:39 WIB
Pesawat Sriwijaya Air diabadikan saat tinggal landas meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Minggu (26/5/2013). TRIBUNNEWS/ DANY PERMANAPesawat Sriwijaya Air diabadikan saat tinggal landas meninggalkan Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Minggu (26/5/2013).

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai Sriwijaya Air telah menghentikan kerja samanya dengan Garuda Indonesia Grup.

Menanggapi hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengaku menghargai keputusan yang diambil oleh kedua belah pihak. Meski begitu, Budi akan terus memantai operasional Sriwijaya Air, khususnya di segi keselamatan penerbangan.

“Syarat-syarat safety harus dipenuhi dan kita pantau,” ujar Budi di Jakarta, Senin (11/11/2019).

Baca juga: Anggota Ombudsman Ini Sebut Garuda Telah Berhasil Selamatkan Sriwijaya Air

Berkaitan masalah keuangan yang dialami Sriwijaya Air, Budi enggan mengomentarinya. Menurut dia, masalah keuangan bukan merupakan wewenangnya.

“Kalau berkaitan dengan korporasi utang dan sebagainya, itu kami hanya melihat nanti di laporan keuangan, tentu ini domainnya di kementerian lain. Saya enggak berwenang menjawab,” kata Budi.

Sebelumnya, salah satu pemegang saham Sriwijaya Air, Yusril Ihza Mahendra mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan langkah untuk mengakhiri kerja sama manajemen dengan Garuda Indonesia Grup.

Langkah tersebut diambil karena adanya intruksi mendadak dari GA Grup kepada semua anak perusahaannya (GMF, Gapura Angkasa dan Aerowisata) untuk memberikan pelayanan kepada Sriwijaya dengan cara pembayaran tunai dimuka sejak Kamis (7/11/2019) kemarin.

Jika tidak membayar secara tunai dimuka, diperintahkan agar tidak memberikan pelayanan service dan maintenance apapun kepada Sriwijaya.

“Sriwijaya menolak perubahan sistem pembayaran yang tidak fair ini dan menganggap GA sengaja ingin melumpuhkan Sriwijaya,” ujar Yusril dalam keterangan tertulisnya, Jumat (8/11/2019).

Baca juga: Garuda Indonesia : Pemegang Saham Sriwijaya Minta Jatah Management Fee

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X