Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Ini Nilai Ambang Batas Seleksi CPNS 2019

Kompas.com - 12/11/2019, 15:50 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah mengeluarkan aturan soal nilai ambang batas atau passing grade dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Aturan mengenai nilai ambang batas itu diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2019.

Mengutip dari akun Twiter resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN), @BKNgoID, menyebutkan untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) nilai ambang batasnya sebesar 126, Tes Intelegensia Umum (TIU) sebesar 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 65. Adapun nilai kumulatifnya untuk kategori pelamar umum ini sebesar 271.

Akan tetapi, nilai ambang batas tersebut tak berlaku bagi pelamar dengan kategori khusus seperti, cumlaude & diaspora, disabilitas dan putra/putri Papua.

Baca juga: Kemensetneg Buka Seleksi CPNS, Ini Daftar Formasi dan Persyaratannya

Untuk lulusan cumlaude dan diaspora, nilai TIU-nya minimal sebesar 85, bagi disabilitas dan putra/putri Papua minimalnya 60.

Nilai kumulatif bagi pelamar kategori cumlaude & diaspora sebesar 271. Sedangkan nilai kumulatif bagi kategori pelamar disabilitas dan putra/putri Papua sebesar 260.

Selain tiga kategori itu, nilai ambang batas yang berbeda juga diterapkan untuk pelamar dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dokter pendidik klinis, dokter, dokter gigi, instruktur penerbang. Untuk profesi tersebut nilai ambang batasnya TIU-nya sebesar 80 dan kumulatifnya 271.

Bagi formasi jabatan rescuer, bosun, jenang kapal, juru mesin kapal, juru minyak kapal, juru mudi kapal, kelasi, kerani, oiler, nakhoda, mualim kapal, kepala kamar mesin kapal, masinis kapal, mandor mesin kapal, juru masak kapal dan pengamat gunung api, nilai kumulatif SKD paling rendah 260, dengan nilai TIU paling rendah 70.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com