Kemensetneg Buka Seleksi CPNS, Ini Daftar Formasi dan Persyaratannya

Kompas.com - 12/11/2019, 14:56 WIB
Ilustrasi rekrutmen CPNS: Para peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017). KOMPAS/RADITYA HELABUMIIlustrasi rekrutmen CPNS: Para peserta seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil Kementerian Keuangan mengikuti ujian kompetensi dasar di Gedung Maria Convention Hall, Pulogadung, Jakarta Timur, Rabu (18/10/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) tahun anggaran 2019.

"Kementerian Sekretariat Negara bersama-sama dengan Sekretariat Kabinet memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk mengikuti Seleksi CPNS yang akan ditugaskan di lingkungan Kementerian Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet," tulis pengumuman itu dikutip Kompas.com, Selasa (12/11/2019).

Berdasarkan isi pengumuman tersebut, Kemensetneg bersama Sekretariat Negara (Setkab) membuka seleksi untuk 106 formasi, dengan rincian 46 formasi di lingkungan Kemensetneg dan 60 formasi di lingkungan Setkab.

Baca juga : Sulit Mengakses Situs Web BKN? Ini Waktu yang Pas untuk Daftar CPNS "Online"

Bila dirinci, 46 formasi di lingkungan setkab tersebut nantinya akan ditempatkan di beberapa jabatan, seperti analis keuangan, analis bangunan gedung dan pemukiman, analis tata usaha, penyusun bahan kebijakan, analis aset negara, pengawas bangunan dan gedung, serta analis sistem informasi.

Jabatan lainnya antara lain analis diklat, analis berita, analis analis SDM aparatur, analis data dan informasi, analis kesejahteraan rakyat, perancang grafis, analis protokol, analis hubungan antar lembaga, analis tata laksana, arsiparis terampil, dan beberapa jabatan lainnya.

Sementara itu, 60 formasi jabatan di lingkungan sekretaris kabinet antara lain analis hukum, analis politik hukum dan keamanan, analis perekonomian, analis kesejahteraan rakyat, analis keuangan, analis SDM aparatur, analis kinerja, analis laporan akuntabilitas kinerja, dan analis layanan umum.

Terdapat pula analis data dan informasi, pengelola data, penerjemah ahli pertama, pustakawan ahli pertama, arsiparis ahli pertama, dan berbagai jabatan lainnya.

Terkait syarat dan ketentuan, terdapat beberapa kualifikasi penentu lulus tidaknya seorang CPNS. Misalnya, kualifikasi pendidikan harus disesuaikan dengan jabatan yang dipilih, baik dari segi jurusan maupun tingkatannya.

Adapun syarat lainnya, antara lain:

1. Warga Negara Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

2. Pada saat mendaftar berusia minimal 18 Tahun maksimal 35 tahun (S-2, S-1, dan D-IV) dan 30 tahun (D-III).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X