Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resesi Hong Kong Diprediksi Parah, Ini Sebabnya

Kompas.com - 15/11/2019, 08:14 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Reuters

HONG KONG, KOMPAS.com - Hong Kong diperkirakan bakal menonformasi bahwa negara tersebut telah jatuh ke dalam jurang resesi untuk pertama kalinya dalam satu dekade.

Seperti dikutip dari Reuters, Jumat (15/11/2019), banyak pihak mengkhawatirkan Hong Kong bakal masuk ke dalam jurang resesi yang lebih dalam karena aksi massa yang telah berlangsung selama berbulan-bulan tak kunjung berakhir dan telah memakan banyak korban.

Data-data perekonomian pada Oktober lalu menunjukkan, perekonomian negara-kota yang berada di bawah pemerintahan China tersebut telah merosot 3,2 persen pada periode Juli hingga September 2019.

Pertumbuhan ekonomi Hong Kong telah terkontraksi selama dua kali berturut-turut, yang merupakan definisi teknis dari resesi.

Baca juga: Ekonomi Hong Kong Masuk Jurang Resesi

Dengan tidak ada tanda-tanda aksi massa dengan kekerasan bakal berakhir dalam waktu dekat, analis memerkirakan kemerosotan ekonomi bakal memakan waktu lama dan kian dalam.

Produk Domestik Bruto (PDB) Hong Kong diprediksi bakal merosot lebih dalam di kuartal ini, bahkan hingga tahun depan.

Di sisi lain, sektor keuangan dan perdagangan Hong Kong juga dihadapkan pada tekanan perang dagang berkepanjangan antara China dan Amerika Serikat.

Namun demikian, kian meningkatnya tensi ketegangan antara massa dengan aparat yang telah berlangsung selama lebih dari lima bulan kian membebani perekonomian Hong Kong.

"Kami berasumsi aksi massa bakal terus berlanjut di 2020, kecuali jika pemerintah Hong Kong akan melakukan hal spesial (untuk menyelesaikan konflik), nampun nampaknya hal itu dihindari (oleh pemerintah)," ujar ekonom ING Iris Pang.

Baca juga: Penjualan Perusahaan Ritel Italia di Hong Kong Anjlok Akibat Demo

Pihaknya pun memroyeksi, sepanjang tahun ini, perekonomian Hong Kong akan merosot 2,2 persen dan di 2020 bahkan akan merosot hingga 5,3 persen.

Jaringan transportasi yang kerap terganggu, kekerasan antara massa dengan aparat juga penggunaan gas air mata telah menghancurkan sektor ritel serta membuat pariwisata Hong Kong kelabakan.

Kinerja penjualan ritel Hong Kong pada Agustus merupakan yang terburuk, atau merosot 23 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Adapun di bulan September, penjualan ritel Hong Kong terkontraksi 18,3 persen.

Sejak aksi protes berlangsung, banyak toko, restoran dan bisnis lain yang tutup lebih awal. Bahkan banyak toko yang harus menutup usaha mereka untuk selamanya karena telah merugi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com