5 Hal Penting untuk Jadi Trader Saham

Kompas.com - 16/11/2019, 19:30 WIB
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). IHSG dibuka pada 6.381,18 naik 22,56 poin dibandingkan penutupan perdagangan Jumat lalu. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). IHSG dibuka pada 6.381,18 naik 22,56 poin dibandingkan penutupan perdagangan Jumat lalu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda ingin menjadi seorang trader saham? Anda tak sendirian. Sebab banyak orang yang ingin berprofesi jad trader saham. 

Keinginan itu bukan hal aneh, sebab profesi ini kerap dianggap sangat enak. Bagaimana tidak, bekerja bisa di mana pun, bermodalkan laptop, dan dalam beberapa detik mendapatkan uang puluhan hingga ratusan juta rupiah. Siapa yang tak mau?

Tetapi menjadi seorang trader saham yang handal tentu tak semudah yang dibayangkan. Tidak hanya sebatas perlu memahami pergerakan pasar saham, ada hal lain yang juga sangat penting.

Baca juga: Langkahi Jeff Bezos, Bill Gates Kembali Jadi Orang Terkaya Dunia

Menurut analis dari Binaartha Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama, ada lima hal penting untuk bisa menjadi seorang trader. Apa aja? berikut 5 hal tersebut:

1. Harus realistis

2. Bersabar, tidak terburu-buru membuat aksi jual dan beli saham.

3. Melaksanakan trading plan secara matang. Bila tak adanya rencana sejak awal, risiko kerugian akan semakin besar.

4. Menjalankan trading plan secara konsisten.

5. Terakhir, menyampingkan faktor emosi serta lebih mengedepankan logika dalam ber-trading. Karena, menjadi seorang trader itu lebih menyentuh aspek psikologis.

Baca juga: Susi soal Penghentian Penenggelaman Kapal: Tak Perlu Lagi Bicara...

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X