Pelemahan Rupiah Terdorong Sentimen Suku Bunga Acuan BI

Kompas.com - 20/11/2019, 17:25 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA,KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan pasar spot Rabu (20/11/2019) ditutup melemah.

Dari data Bloomberg, rupiah melemah tipis 4 poin atau 0,03 persen pada level Rp 14.094 per dollar AS dibandingkan penutupan Selasa kemarin pada level Rp 10.090 per dollar AS.

Analis Panin Sekuritas William Hartanto meyebutkan bahwa sejauh ini pergerakan rupiah sangat terbatas akibat sentimen suku bunga acuan Bank Indonesia (BI). Bank sentral bakal mengumumkan suku bunga acuan BI 7 Day Repo Rate esok hari, Kamis (21/11/2019).

Rupiah tidak bergerak terlalu signifikan sejak beberpa pekan ini akibat asumsi investor bahwa BI diproyeksikan bakal mempertahankan suku bunganya.

Baca juga: Dibuka Menguat Tipis, Ini Prediksi Pergerakan Rupiah Hari Ini

“Kabar beredar bahwa kali ini BI akan mempertahankan suku bunganya dimana kemarin beberapa saham domestik terlihat menguat pada penutupan,” kata William kepada Kompas.com.

Lebih lanjut, William menjabarkan bahwa pergerakan rupiah ini hanya sebatas faktor teknikal. Namun, aksi sell on news tetap berpotensi usai pengumuman Rapat Dewan Gubernur BI besok.

“Kami memandang ini hanya faktor teknikal saja, apapun keputusan BI nanti aksi sell on news tetap berpotensi,” ungkap William.

Beberapa mata uang Asia yang melemah adalah yuan China sebesar 0,12 persen pada level 7.035 per dollar AS. Dollar Singapura melemah 0,03 persen pada level 1.361 per dollar AS.

Sedangakn dollar Hongkong menguat 0,02 persen pada level 7.826 per dollar AS, sementara Yen Jepang juga menguat 0,08 persen pada level 108 per dollar AS.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X