Pantau Sistem Kelistrikan di Seluruh Indonesia, PLN Bangun P2IS

Kompas.com - 27/11/2019, 14:02 WIB
Plt Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani di kantornya, Jakarta, Rabu (27/11/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAPlt Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani di kantornya, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (persero) membangun Pusat Pengelola Informasi dan Solusi (P2IS).

Plt Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani mengatakan, P2IS dibangun untuk menghimpun seluruh data dan juga kondisi sistem ketenagalistrikan di tanah air. Diharapkan, dengan adanya P2IS dapat mendongkrak kinerja PLN ke depannya.

“P2IS ini adalah cikal bakal advanced analysis,  yang meliputi sistem operasi, project yang tengah dibangun PLN, media crisis center dan juga memantau performance atau kinerja perusahaan,” ujar Inten saat meresmikan P2IS di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Inten berharap, dengan adanya P2IS bisa menjadi fondasi untuk menyatukan informasi yang selama ini belum tersentralisasi. Setelah informasi tersebut diterima, akan dilanjutkan dengan analisa yang komprehensif.

Baca juga : Pulang dari Korsel, Erick Thohir Mau Cuci Gudang Petinggi PLN

Dengan begitu, jajaran Direksi PLN bisa memberikan atau menganalisa langkah konkrit yang efektif untuk menentukan tindak lanjut ke depannya.

“PLN menyadari dalam era digitalisasi seperti saat ini, data menjadi kunci utama dalam pengambilan keputusan dan solusi, serta mengembangkan peluang dan strategi bisnis perusahaan ke depan,” kata Inten.

Selain itu, dengan adanya P2IS semua kinerja dan kondisi kelistrikan dapat dikelola secara optimum dalam memitigasi risiko  dan sebagai early warning system perusahaan.

“Salah satu fungsi P2IS adalah sebagai monitoring room. Tetapi tidak hanya itu, P2IS sangat membantu dalam mempermudah jalannya koordinasi antar bidang serta  dapat membantu memastikan  setiap keputusan penting, respon dan aksi yang diambil adalah seakurat mungkin sesuai data yang ada,” ucap dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X