Ini Penyebab Meninggalnya Ciputra Menurut Sang Anak

Kompas.com - 28/11/2019, 15:34 WIB
putri sulung Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata (tengah) saat memberikan keterangan pers di Artprenuer, Kuningan, Jakarta Selatan,Kamis (28/11/2019) KOMPAS.COM/WALDA MARISONputri sulung Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata (tengah) saat memberikan keterangan pers di Artprenuer, Kuningan, Jakarta Selatan,Kamis (28/11/2019)
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata mengaku terpukul atas kepergian sang ayah, Ciputra atau Tjie Tjin Hoan pada Rabu (27/11/2019) di usianya yang ke 88 tahun.

Dia pun mengungkap penyebab ayahnya berpulang ke haribaan Tuhan. Dia bilang, ayahnya meninggal bukan karena penyakit tertentu. Melainkan karena usianya yang sudah tua menginjak 88 tahun.

"Ayah saya meninggal karena usianya. Meninggal karena usia tuanya," kata Rina Ciputra Sastrawinata di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Baca juga: Ciputra Bakal Dikebumikan 5 Desember di Pemakaman Keluarga

Bahkan, dia mengaku pengusaha yang kerap disapa Pak Ci ini masih bisa berkomunikasi 2 hari sebelum menghembuskan nafas terakhir. Karena tidak menduga, Ciputra pun tidak ada pesan-pesan terakhir.

"Memang tidak ada pesan-pesan terakhir. 2 hari sebelumnya masih bisa berkomunikasi," ungkap dia.

Menurut Rina, hampir setiap hari ayahnya selalu berpesan kepada dia dan anaknya bahkan cucu-cucunya untuk selalu memiliki nilai luhur. Pesan-pesan itulah yang akan dijaga dan diteruskan hingga generasi berikutnya.

"Ayah saya seorang mentor, seorang guru. Ayah saya senang mengajar, ngomong terus kasih tahu ini, kasih tahu itu. Saya menghadap satu jam PR-nya banyak banget. Pesan-pesan itu selalu memotivasi kami semua," pungkasnya.

Baca juga: Ketua Apindo: Pengusaha Properti Ciputra Meninggal Dunia di Singapura



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X