Bagaimana Kelanjutan Konglomerasi Bisnis Ciputra Group?

Kompas.com - 28/11/2019, 16:35 WIB
Keluarga besar Ciputra mengaku sedih ditinggal ayah, kakek, dan kakek buyut Ciputra, di Jakarta, Kamis (28/11/2019). KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAKeluarga besar Ciputra mengaku sedih ditinggal ayah, kakek, dan kakek buyut Ciputra, di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Meninggalnya konglomerat RI di bidang properti, Ciputra memberikan kesedihan mendalam bagi keluarga, kolega, sahabat, serta orang-orang terdekatnya.

Namun, meninggalnya Ciputra yang menjabat sebagai Komisaris Utama mungkin membuat publik bertanya-tanya bagaimana bisnis Ciputra Group ke depan.

Anak pertama Ciputra, Rina Ciputra Sastrawinata meyakinkan bisnis Ciputra tetap mempertahankan bentuk organisasi saat ini. Tidak ada perubahan berarti sebab ayahnya memang sudah tidak aktif lagi mengendalikan perusahaan.

"Nahkoda bisnis kami mempertahankan bentuk organisasi yang sekarang. Ayah seorang Komisaris Utama dan Direktur Utama kami tetap Candra Ciputra. Jadi tidak ada perubahan dari organisasi," kata Rina di Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Baca juga: Ini Penyebab Meninggalnya Ciputra Menurut Sang Anak

Kendati tak lagi aktif mengendalikan perusahaan sebelum hembusan nafas berakhir, Ciputra tetap memberikan masukan dan saran demi kelangsungan konglomerasi bisnis keluarga itu.

Rina bilang, dia kerap kali menjadi mentor dan kreatif navigator bagi keluarga maupun perusahaan.

"Beberapa tahun terakhir, Pak Ciputra adalah Komisaris Utama kami. Beliau sebagai mentor kami, beliau selalu menyebut dirinya menjadi creative navigator. Jadi beliau tidak aktif dengan perusahaan. Jadi bisnis kami tentunya tidak ada perubahan apa-apa. Hanya memang kami sangat kehilangan navigator kami," ungkap Rina.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X