Baru Dapat Bonus Tahunan? Lakukan ini Biar Tak Menyesal

Kompas.com - 30/11/2019, 14:48 WIB
Ilustrasi gaji, rupiah ShutterstockIlustrasi gaji, rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendapatkan bonus tahunan merupakan hal yang ditunggu-tunggu para pekerja, apalagi jika perusahaan tempat bekerja selalu membayarkan bonus tahunan ini tepat waktu.

Tiap perusahaan berbeda-beda dalam memberikan bonus tahunan. Tapi umumnya bonus tahunan akan diterima karyawan setiap menjelang akhir tahun tiba, sekitar bulan Oktober, November, hingga Desember.

Jumlah bonus ini akan disesuaikan dengan kinerja Anda pada perusahaan selama setahun belakangan. Jika Anda memiliki prestasi kerja yang luar biasa selama setahun tersebut, maka jumlah bonus tahunan yang didapatkan juga cukup lumayan besar.

Lalu, apakah Anda sudah memiliki rencana penggunaan bonus tahunan ini?

Baca juga: Survei: Milenial Hanya Anggarkan 25 Persen Bonus untuk Beli Rumah

Saat mendapatkan sejumlah uang di luar gaji bulanan, Anda mungkin saja punya berbagai rencana dengan uang tersebut.

Membeli berbagai hal yang belum sempat terpenuhi selama ini merupakan hal yang biasa dilakukan ketika mendapatkan bonus tahunan. Tanpa rencana yang tepat, bonus tahunan bisa saja habis tanpa Anda sadari.

Berbagai hal inilah yang kerap membuat alokasi bonus tahunan justru tidak memberikan dampak maksimal dalam keuangan. Padahal jika Anda rencanakan dengan baik, ada banyak hal berguna lainnya yang bisa dilakukan di dalam keuangan, dengan memanfaatkan bonus tahunan itu.

Jangan sembarangan, agar terhindar dari rasa menyesal setelah menggunakan uang bonus tahunan, lakukan hal berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Memanjakan Diri Sendiri Seperlunya sebagai Apresiasi

Bagaimana pun juga, Anda perlu mengalokasikan dana untuk memanjakan diri. Hal ini sebagai wujud dari mengapresiasi diri, sehingga Anda akan lebih semangat lagi dalam bekerja dan melakukan aktivitas lainnya.

Anda bisa menggunakan bonus tahunan ini untuk memanjakan diri. Bonus tahunan ini merupakan hasil kerja keras Anda selama ini, sehingga tidak ada salahnya jika Anda menyisihkan sebagian sekadar menyenangkan diri sendiri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X