Lunasi Utang Kartu Kredit di Akhir Tahun, Simak 3 Tipsnya

Kompas.com - 29/12/2019, 11:32 WIB
Ilustrasi kartu kredit. ThinkstockIlustrasi kartu kredit.
Penulis Kiki Safitri
|

KOMPAS.com - Tahun 2020 adalah saat yang tepat untuk membersihkan riwayat kredit Anda. Hal ini mengingat di tahun 2020 ada banyak mimpi dan tujuan finansial yang pastinya ingin Anda capai.

Dengan kondisi utang yang masih melilit Anda, maka mimpi dan tujuan finansial di tahun 2020 akan terhambat.

Seorang perencana keuangan dari lembaga keuangan SoFi, Lauren Anastasio mengatakan sekitar 7 dari 10 orang memiliki setidaknya satu kartu kredit.

Baca juga: Tips Hemat Liburan Seru

Lebih dari setengah pemegang kartu yang sudah terlilit utang bersedia menggunakan kredit untuk hadiah dan biaya liburan tahun ini.

Adapun cara yang bisa Anda lakukan untuk melunasi utang adalah :

1. Melunasi utang terkecil atau utang terbesar

Pakar keuangan Dave Ramsey menyukai metode pelunasan utang terkecil. Ia menyarankan untuk mengabaikan tingkat bunga, kemudian mengabaikan jenis utangnya.

Anda hanya perlu memilih jumlah terkecil dan lunasi semuanya. Karena Anda masih harus menjaga pembayaran minimum di kartu kredit Anda yang lain.

Teorinya adalah dengan menyerang secara agresif jumlah yang paling kecil. Ini akan memotivasi Anda untuk pembayaran utang lainnya dengan nominal yang lebih besar.

Baca juga: Ingin Keuangan Anda Membaik di 2020? Ini Tips dari Para Miliarder

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Harvard Business Review pada 2016, strategi pelunasan satu utang pada satu waktu lebih baik daripada melakukan pembayaran yang sama di beberapa kartu kredit.

Tetapi tidak dapat dipungkiri dengan metode ini, Anda akan dikenakan biaya bunga lebih banyak.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X