Mengintip Mewahnya Jeroan Kereta Bandara Adi Soemarmo Solo

Kompas.com - 29/12/2019, 14:26 WIB
Karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) bersiap melakukan perjalanan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang terintegrasi dengan Stasiun Balapan Solo tersebut berkapasitas total 396 penumpang dan direncanakan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari. ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHAKaryawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) bersiap melakukan perjalanan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang terintegrasi dengan Stasiun Balapan Solo tersebut berkapasitas total 396 penumpang dan direncanakan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah beberapa kali tertunda, kereta bandara yang menghubungkan Stasiun Balapan dengan Bandara Adi Soemarmo resmi beroperasi hari ini, Minggu (29/12/2019).

Rencana pengoperasian kereta bandara ini beberapa kali tertunda dari jadwal sebelumnya pada 2018, Juli 2019, dan terakhir pada Oktober 2019 karena belum rampungnya lintasan kereta api.

Proyek Kereta Bandara Adi Soemarmo sebetulnya sudah mulai dibangun sejak April 2017. Groundbreaking bahkan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan ditargetkan bisa selesai dan beroperasi pada 2018.

Di tahap awal operasi, kereta bandara ini tidak memungut biaya alias gratis. Penggratisan tarif tiket untuk dua bulan pertama pengoperasian.

Tujuannya agar anak-anak sekolah dan masyarakat dari luar Kota Surakarta, seperti Wonogiri, Sragen yang ingin pergi ke Bandara Adi Soemarmo, bisa menggunakan antar modal terintegrasi itu.

Satu rangkaian KA bandara yang terdiri dari 4 gerbong memiliki kapasitas 206 tempat duduk. KA Bandara Adi Soemarmo juga menyediakan kursi khusus penyandang disabilitas, lengkap dengan pengikat untuk kursi roda.

Karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) berjalan di dalam gerbong Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang terintegrasi dengan Stasiun Balapan Solo tersebut berkapasitas total 396 penumpang dan direncanakan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari.ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA Karyawan PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) berjalan di dalam gerbong Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang terintegrasi dengan Stasiun Balapan Solo tersebut berkapasitas total 396 penumpang dan direncanakan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari.

Setiap gerbong memiliki toilet ramah lingkungan, rak bagasi yang berada di dinding samping ruang penumpang, soket listrik, dan televisi layar datar. Selain itu, untuk menjaga keamanan penumpang, tiap gerbong juga dilengkapi kamera pengawas (CCTV).

Tersedia pula handle grip atau pegangan tangan agar penumpang yang berdiri bisa tetap nyaman selama perjalanan.

Di dalam gerbong, PT KAI memilih hijau muda sebagai warna dominan untuk interior, baik di dalam maupun di luar kereta.

Agar penumpang tetap nyaman, kursi penumpang dibuat saling berhadapan dengan bantalan yang empuk. Di antara kursi, PT KAI menyisakan banyak ruang untuk kaki agar bisa selonjoran.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) berbincang dengan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Edi Sukmoro (kanan) saat mengikuti perjalanan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang terintegrasi dengan Stasiun Balapan Solo tersebut berkapasitas total 396 penumpang dan direncanakan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari.ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) berbincang dengan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) Edi Sukmoro (kanan) saat mengikuti perjalanan Kereta Api (KA) Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (28/12/2019). Kereta Api Bandara Adi Soemarmo yang terintegrasi dengan Stasiun Balapan Solo tersebut berkapasitas total 396 penumpang dan direncanakan beroperasi 60 kali perjalanan pulang pergi dalam sehari.

Kereta telah dilengkapi pendingin udara disetiap gerbongnya, layar TV LED untuk hiburan, colokan daya pengisi baterai, tempat bagasi, dan pemberi informasi posisi kereta.

Bagi kaum difabel, tak perlu khawatir. Karena kereta bandara ini juga menyediakan area khusus bagi penyandang disabilitas.

Selain itu, di stasiun KA Bandara juga terdapat berbagai fasilitas seperti lift khusus penyandang disabilitas, nursery room, toilet, ruang tunggu dengan pendingin ruangan, tenant, customer service, mushola, charging station, dan peron.

Adapun stasiun kereta bandara seluas sekitar 5.141 meter persegi yang dibangun oleh Angkasa Pura I ini dapat menampung hingga 10.000 penumpang dengan total 3 konter check-in pesawat, 1 mesin self check-in pesawat, dan 2 loket pembelian tiket KA Bandara.

Sebagai informasi, kereta ini memiliki kecepatan maksimal 100 km per jam tetapi untuk operasi normal diperkirakan kecepatan kereta 75-80 km per jam.

Panjang lintasan kereta yang menghubungkan Stasiun Balapan dengan bandara yakni 12,97 km, sehingga diperkirakan waktu tempuhnya hanya sekitar 20 menit.

Penampakan kursi dan interior Kereta Rel Diesel (KRD) Bandara Adi Soemarmo Solo buatan PT Industri Kereta Api (Inka). Gambar diambil pada Selasa (8/5/2018).KOMPAS.com/CHOLIK Penampakan kursi dan interior Kereta Rel Diesel (KRD) Bandara Adi Soemarmo Solo buatan PT Industri Kereta Api (Inka). Gambar diambil pada Selasa (8/5/2018).

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X