Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Kunjungi Posko Banjir di Cengkareng dan Tangerang

Kompas.com - 05/01/2020, 13:37 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyambangi posko banjir di dua tempat, yakni di Cengkareng Jakarta Barat dan Tangerang Banten hari ini, Minggu (5/1/2020).

Kedatangannya tak lain untuk memastikan kebutuhan masyarakat terpenuhi. Selain dapur umum, pihaknya berencana mulai menyuplai air bersih dan obat-obatan.

"Khusus saat ini, kami mulai shifting kebutuhan untuk mengubah kebut masyarajat yaitu tetap dapur umum, mungkin nanti bertahap mulai suplai air bersih dan obat obatan. Biasanya setelah banjir akan timbul penyakit," kata Erick di Jakarta, Minggu (5/1/2020).

Untuk memastikan kebutuhan korban banjir sudah maksimal, dia bakal mengadakan rapat evaluasi Satuan Tugas (Satgas) Tanggap Bencana dalam 2 pekan ke depan.

"Karena kita tau kita tetap harus waspada. Dari BUMN sendiri sudah punya tim Satgas dan kita kerjasama dengan BNPB sebagai ahlinya (untuk menyalurkan bantuan). Kita tidak mau menembak di sasaran yang tidak tepat," tuturnya.

Baca juga: Mobil Baru Kredit Sudah Kena Banjir, Bagaimana Asuransinya?

Dia bersyukur banyak korban banjir yang telah kembali ke rumah setelah dinyatakan aman. Begitu pun listrik yang semula banyak dipadamkan sekarang hanya tinggal 4 persen.

"Saya rasa sekarang sudah berangsur mulai sedikit seperti juga gardu listrik. Tadinya ribuan sekarang tinggal 4 persen yang masih padam karena menjaga keselamatan juga," tuturnya.

Dia belum bisa memastikan kapan listrik kembali normal 100 persen. Pasalnya hal itu tergantung daerah masing-masing yang tergenang banjir.

"Tergantung daerah yang tergenang. Karena enggak mungkin juga kita menyalakan listrik kalau daerah itu tidak siap," pungkas Erick.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com