Menperin Janji Ganti Mesin IKM yang Rusak akibat Banjir

Kompas.com - 06/01/2020, 15:17 WIB
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan penjelasan di Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPR, Jakarta, Rabu (11/12/2019). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIMenteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan penjelasan di Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPR, Jakarta, Rabu (11/12/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita berjanji akan mengganti mesin industri kecil menengah (IKM) yang rusak akibat banjir di Jabodetabek.

"Kami bisa berikan satu kepastian khusus industri kecil yang mesinnya mengalami kerusakan akibat dampak banjir kemarin dengan memberikan layanan ganti mesin 100 persen," ucapnya saat Jumpa Pers di Kementerian Perindustrian, Senin (6/1/2020).

Agus mengatakan, banjir besar yang melanda Jabodetabek sangat berdampak kepada IKM. Namun, ia belum bisa memperkirakan seberapa besar kerugian yang dialami sektor IKM.

Baca juga: Pemulihan Listrik Pasca-Banjir Bandang Lebak Terkendala Akses

Saat ini ucap Agus, pemerintah masih melakukan penilaian dan akan mengunjungi langsung para pelaku IKM yang terkena dampak banjir Jabodetabek.

"Kami harap minggu ini akan berkunjung kelapangan untuk kita tinjau langsung dan memberikan pelayanan ke IKM," ucapnya

Seperti diketahui, banjir yang melanda Jabodetabek pada tanggal 1 Januari 2020 menyebabkan beberapa aktivitas bisnis menjadi terganggu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: BPK Sentil Luhut Soal Belanja Perjalanan Dinas

Ketua Umum Asosiasi Peritel Indonesia, Roy Mandey menyebut banjir yang terjadi selama dua hari kemarin telah menyebabkan 400 toko ritel terpaksa berhenti beroperasi.

"karena kita menghitung dalam dua hari di jakarta saja ada 300 toko yang terdampak langsung, dan untuk daerah jabodetabek kami hitung sekitar 400 toko," ucapnya pada Jumat (3/1/2020)

Roy meperkirakan kerugian peritel di wilayah Jakarta saat ini mencapai Rp 1 triliun.

Baca juga: Edhy Prabowo Soal 1.000 Kapal di Natuna: Kita Harus Cool Sikapi Ini



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X