Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Erick Thohir Diancam | Penutupan BUMN Tunggu Restu Jokowi

Kompas.com - 18/01/2020, 08:20 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus Jiwasraya dan Asabri masih hangat dan memunculkan isu-isu lainnya. Terakhir, Menteri BUMN Erick Thohir mengaku mendapatkan ancaman terkait dengan kasus tersebut.

Berita ancaman yang diterima Erick Thohir itu menjadi yang terpopuler sepanjang hari kemarin, Jumat (17/1/2020). Sementara berita lain yang juga terpopuler adalah Gudang Garam segera bangun bandara di Kediri. Berikut daftar terpopulernya:

1. Erick Thohir Akui Dapat Ancaman Setelah Ada Kasus Jiwasraya dan Asabri

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku kerap mendapat ancaman setelah menduduki kursi menteri. Apalagi, setelah adanya permasalahan di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero).

“(Ancaman sudah menjadi) makanan sehari-hari, apalagi ada (kasus) Jiwasraya dan Asabri,” ujar Erick dalam sebuah diskusi di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Kendati begitu, Erick tak mau merinci apa bentuk ancaman yang dia terima setelah menjabat sebagai menteri. Selengkapnya silakan baca di sini.

2. Mau Tahu Perkiraan Biaya Pasang Panel Surya? Cek Ini

Apakah Anda berencana memasang panel surya di atap rumah atau gedung usaha Anda, untuk menghemat biaya listrik PLN? Jika tertarik untuk mulai menggunakan panel surya, Anda tidak perlu lagi repot-repot menghubungi teknisi untuk melakukan perhitungan biaya pemasangan panel.

Perusahaan startup bernama PT Xurya Daya Indonesia kini telah menyediakan website yang dapat melakukan penghitungan biaya pemasangan panel surya secara otomatis dan gratis. Selengkapnya silakan baca di sini.

3. Bandara Kediri Didanai 100 Persen Gudang Garam, Pemerintah?

Pembangunan Bandar Udara Kediri, Jawa Timur yang akan dimulai April 2020, setelah peletakkan batu pertama (groundbreaking) akan menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Rencanamya, PT Gudang Garam Tbk (GGRM) akan mendanai seluruh pembangunannya. Lantas, dari pemerintah sumbangan apa yang diberikan dalam pembangunan bandara tersebut?

Menko Maritim dan Investasi, Luhut B Pandjaitan mengatakan, pemerintah akan membantu dalam proses perizinan serta mengelola bandaranya melalui PT Angkasa Pura I (Persero). Selengkapnya silakan baca di sini.

4. Selain Dirut, Erick Thohir Juga Mau Ganti Komisaris Utama Garuda

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, selain posisi direktur utama, ia juga akan merombak posisi komisaris utama di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk.

Saat ini, posisi komisaris utama Garuda Indonesia masih diduduki oleh Sahala Lumban Gaol.

“Nah, Dirut Garuda juga nanti sesuatu yang menarik. Dirut dan komutnya (diganti),” ujar Erick di Jakarta, Jumat (17/1/2020). Baca juga: Disebut-sebut Jadi Calon Dirut Garuda, Ini Respons Faik Fahmi Namun, Erick tak mau mengungkapkan identitas calon direktur utama dan komisaris utama maskapai pelat merah itu. Selengkapnya silakan baca di sini.

5. Mau Tutup Perusahaan BUMN yang Tak Jelas, Erick Thohir Tunggu Restu Jokowi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berencana ingin menutup atau menggabungkan perusahaan-perusahaan plat merah yak tak menguntungkan. Sebab, saat ini Erick merasa perusahaan BUMN terlalu banyak.

Tak hanya itu, ada beberapa perusahaan plat merah yang tak sesuai core bisnisnya.

“Kalau perusahan-perusahaan enggak jelas, lebih baik dimerger atau dilikuidasi,” ujar Erick di Jakarta, Jumat (17/1/2020).

Saat ini, lanjut Erick, dirinya masih menunggu restu dari Presiden Joko Widodo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menata perusahaan-perusahaan BUMN. Selengkapnya silakan baca di sini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com