Jadilah Konsumen Cerdas, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Belanja

Kompas.com - 23/01/2020, 14:08 WIB
Ilustrasi Thinkstock/DanilinIlustrasi

LONDON, KOMPAS.com - Belanja kebutuhan sehari-hari menjadi hal rutin yang harus dilakukan. Ini dapat dilakukan baik secara mingguan atau bulanan.

Belanja pun kini semakin nyaman dengan adanya berbagai platform e-commerce. Selain itu, kehadiran promo, diskon, atau cashback juga membuat kegiatan belanja menjadi menyenangkan.

Akan tetapi, Anda harus tetap menjadi konsumen cerdas. Jangan sampai rutinitas belanja bulanan menjadi beban keuangan Anda.

Baca juga: Survei BI: Optimisme Konsumen Menguat

Dikutip dari Good Housekeeping UK, Kamis (23/1/2020), berikut 5 hal yang harus Anda perhatikan saat berbelanja agar tetap jadi konsumen cerdas.

1. Perhatikan tata letak toko

Perlu disadari bahwa peritel tidak sembarang menata barang di toko. Setiap barang sengaja dipajang di rak agar dibeli oleh konsumen dan belanja lebih banyak.

Namun, riset yang dilakukan oleh Whistl menemukan bahwa 60-70 persen barang yang dibeli konsumen tidak direncanakan sebelumnya. Suka tidak suka, peritel memegang peran juga untuk membuat Anda belanja impulsif.

Misalnya, peritel menempatkan bahan-bahan pokok seperti susu, gula, atau bahan makanan lain di bagian belakang toko. Sehingga, Anda harus menyusuri setiap bagian toko untuk mendapatkannya.

Studi lain juga menunjukkan bahwa konsumen secara otomatis menyusuri toko dari depan ke balakang. Ini akan memaksimalkan jumlah barang yang dilihat konsumen.

Ada kemungkinan konsumen akan membeli barang yang ia lihat, namun sebetulnya tidak diperlukan. Trik bagi konsumen adalah susuri toko dari bagian belakang ke depan agar belanja sesuai dengan kebutuhan.

Selalu buat daftar belanja dan batasi diri belanja impulsif hanya satu atau dua barang.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X