Kompas.com - 26/01/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memulai bisnis di usia yang masih sangat muda sering menjadi keinginan banyak orang, barangkali Anda salah satunya. Belakangan ini, sejumlah pebisnis muda yang sukses bermunculan, beberapa bahkan masih berusia belasan tahun.

Mereka tentu sudah memulai bisnisnya sejak usia belia dan mendapatkan kesuksesan di usia yang masih sangat muda. Namun pada kenyataannya, bisnis akan memiliki berbagai tantangan yang kerap tidak mudah untuk dilalui.

Penting untuk mempertimbangkan semua ini dengan baik sejak awal, termasuk memperhitungkan waktu yang tepat untuk memulainya. Lalu, apakah Anda harus menyelesaikan kuliah dulu baru memulai bisnis?

Sebagian orang bisa sukses dalam dunia bisnis tanpa menempuh jalur kuliah. Pada dasarnya Anda bisa memulai bisnis kapan saja, bahkan sesaat setelah menyelesaikan sekolah (SMA).

Baca juga: Menyantap Laba Bisnis Ayam Geprek, 4 Bulan Bisa Balik Modal

Memulai bisnis di usia yang masih sangat muda bisa saja menjadi keputusan yang tepat.Pemikiran seperti ini bahkan semakin banyak berkembang belakangan ini, apalagi biaya kuliah juga tidak bisa dibilang murah.

Selain itu, masa kuliah yang terbilang panjang juga sering menyita waktu yang terlalu banyak, sehingga banyak kesempatan sukses yang justru bisa terlewatkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun meski begitu, keputusan untuk memulai bisnis tanpa kuliah ini tetap harus dipertimbangkan dengan matang, sehingga kelak Anda tidak menyesal. Sebab dalam berbisnis, Anda dituntut untuk memeliki kriteria berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Apakah Semangat Anda Bisa Melampaui Kesabaran Anda?

Semangat yang tinggi saja tentu tidak akan cukup untuk membangun bisnis menjasi sukses. Anda perlu bertanya kembali kepada diri sendiri, semangat tinggi seperti apa yang sudah Anda miliki selama ini?

Kemudian tanyakan juga pada diri sendiri apakah semangat ini sudah bisa melampaui tingkat kesabaran yang Anda miliki?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.