Kalau Mau Berbisnis, Apakah Harus Kuliah Dulu?

Kompas.com - 26/01/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memulai bisnis di usia yang masih sangat muda sering menjadi keinginan banyak orang, barangkali Anda salah satunya. Belakangan ini, sejumlah pebisnis muda yang sukses bermunculan, beberapa bahkan masih berusia belasan tahun.

Mereka tentu sudah memulai bisnisnya sejak usia belia dan mendapatkan kesuksesan di usia yang masih sangat muda. Namun pada kenyataannya, bisnis akan memiliki berbagai tantangan yang kerap tidak mudah untuk dilalui.

Penting untuk mempertimbangkan semua ini dengan baik sejak awal, termasuk memperhitungkan waktu yang tepat untuk memulainya. Lalu, apakah Anda harus menyelesaikan kuliah dulu baru memulai bisnis?

Sebagian orang bisa sukses dalam dunia bisnis tanpa menempuh jalur kuliah. Pada dasarnya Anda bisa memulai bisnis kapan saja, bahkan sesaat setelah menyelesaikan sekolah (SMA).

Baca juga: Menyantap Laba Bisnis Ayam Geprek, 4 Bulan Bisa Balik Modal

Memulai bisnis di usia yang masih sangat muda bisa saja menjadi keputusan yang tepat.Pemikiran seperti ini bahkan semakin banyak berkembang belakangan ini, apalagi biaya kuliah juga tidak bisa dibilang murah.

Selain itu, masa kuliah yang terbilang panjang juga sering menyita waktu yang terlalu banyak, sehingga banyak kesempatan sukses yang justru bisa terlewatkan.

Namun meski begitu, keputusan untuk memulai bisnis tanpa kuliah ini tetap harus dipertimbangkan dengan matang, sehingga kelak Anda tidak menyesal. Sebab dalam berbisnis, Anda dituntut untuk memeliki kriteria berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Apakah Semangat Anda Bisa Melampaui Kesabaran Anda?

Semangat yang tinggi saja tentu tidak akan cukup untuk membangun bisnis menjasi sukses. Anda perlu bertanya kembali kepada diri sendiri, semangat tinggi seperti apa yang sudah Anda miliki selama ini?

Kemudian tanyakan juga pada diri sendiri apakah semangat ini sudah bisa melampaui tingkat kesabaran yang Anda miliki?

Saat Anda melihat peluang bisnis mie pedas begitu sangat menjanjikan saat ini dan berpotensi memberikan Anda kesuksesan, apa yang Anda lakukan untuk menanggapi pasar yang menjanjikan ini?

Jika Anda memutuskan untuk melihat beberapa waktu ke depan atau bahkan menundanya hingga selesai kuliah nanti, maka Anda tentu sudah melewatkan satu kesempatan emas untuk sukses.

Baca juga: 5 Cara Mengembangkan Bisnis Online

Beberapa waktu yang akan datang, bisa saja treni ini tidak lagi diminati orang-orang, apalagi jika harus menunggu Anda selesai kuliah beberapa tahun ke depan. Dalam posisi ini, Anda mungkin bersemangat, namun semangat Anda masih kalah dengan kesabaran Anda untuk menunda kesuksesan.

2. Sudahkan Anda Punya Semangat dan Komitmen Tinggi untuk Berwirausaha?

Menjalankan bisnis tidak akan semudah merencanakannya, bahkan meski Anda memiliki rencana yang sudah sangat matang. Anda akan menghadapi berbagai tantangan, termasuk pasang surut yang bisa saja membuat Anda jatuh bangun dalam bidang yang satu ini.

Sekali saja Anda menyerah, maka kesuksesan tidak akan pernah Anda dapatkan. Artinya, Anda harus memiliki komitmen dan semangat yang sangat tinggi untuk memulai dan menjalankan bisnis ini.

Tanyakan kembali kepada diri Anda, apakah Anda memang memiliki semua ini sebagai modal untuk memulai langkah sukses bisnis Anda. Saat menjalankan bisnis, kehidupan Anda sangat mungkin berubah, termasuk berbagai rutinitas yang akan Anda jalani ke depannya.

Anda tidak akan bisa bepergian sesuka hati dan menikmati berbagai hobi Anda yang menyita banyak waktu.

Anda harus fokus pada bisnis Anda dan melakukan semua yang Anda mampu untuk mencapainya. Pastikan Anda memahami hal ini dengan baik dan bisa melakukannya dengan penuh keyakinan.

Baca juga: Grab Tertarik Investasi Daur Ulang HP Tua atau Rusak di Indonesia

3. Siapkah Keuangan Anda untuk Memulai Bisnis?

Bisnis membutuhkan modal, apalagi jika Anda merencanakannya dalam skala yang besar. Penting untuk melihat kondisi keuangan Anda dan menghitung berapa nilai dana yang bisa Anda alokasikan sebagai modal usaha.

Memiliki modal yang cukup adalah salah satu langkah penting untuk memulai bisnis yang sukses, di mana Anda tidak lagi perlu mencari pinjaman di tengah jalan, tepatnya saat bisnis Anda sudah berjalan.

Hal ini akan menghindarkan Anda dari resiko gulung tikar. Namun jika modal Anda tidak cukup untuk memulainya, maka menunda bisnis dan melakukan perencanaan ulang akan menjadi keputusan yang tepat. Memulai bisnis dalam kondisi kekurangan modal sangat tidak tepat.

Baca juga: Sri Mulyani Minta Prabowo Efisien Kelola Anggaran Rp 127 Triliun

4. Apakah Anda Sudah Menguji Ide Bisnis Anda?

Selalu ada risiko di dalam bisnis, bahkan untuk bisnis yang paling kecil sekalipun. Anda harus memiliki kemampuan guna mengelola atau bahkan menghindari berbagai risiko ini di dalam bisnis Anda.

Caranya tentu dengan memiliki rencana bisnis yang tepat dan siap untuk diwujudkan. Anda perlu menguji ide bisnis, agar Anda bisa melihat dengan jelas peluang kesuksesannya.

Jika Anda sudah melakukan langkah ini dan mendapatkan peluang sukses yang kurang meyakinkan, maka sepertinya Anda belum menemukan ide yang tepat untuk direalisasikan.Tanpa keyakinan 100 persen, Anda tidak bisa memulai bisnis yang sukses.

Pertimbangkan Keputusan dengan melihat kesiapan Anda memulai bisnis tanpa menempuh jenjang kuliah sudah bukan hal yang asing lagi, mengingat di luar sana ada banyak pebisnis muda yang sukses dengan cara yang satu ini.

Namun saat Anda berencana melakukannya, pastikan Anda melihat kesiapan Anda terlebih dahulu. Pertimbangkan berbagai hal yang penting terkait dengan rencana bisnis, agar Anda bisa mengambil keputusan yang paling tepat dalam hal ini.

Baca juga: Garuda Indonesia Tebar Promo, Diskon Tiket hingga 71 Persen

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X