Ingin Saling Support Keuangan Bersama Teman? Perhatikan 3 Strategi Ini

Kompas.com - 30/01/2020, 06:41 WIB
Ilustrasi diskusi bersama teman Thinkstock/Wavebreakmedia LtdIlustrasi diskusi bersama teman

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertemanan yang baik adalah yang memiliki dampak positif dan saling mendukung.

Dalam berteman, tak salah bila sering saling memberikan support satu sama lain atau memberikan ide yang brilian. Apalagi bila saling berdampak positif dan membuat kemajuan pertemanan yang sehat.

Saling bertukar pendapat dan saling membantu antara satu dengan lainnya bisa membuat kehidupan finansial Anda juga meningkat.

Baca juga: Simak, 3 Kesalahan Keuangan yang Harus Dihindari di Usia 30-an

Mengutip dari Entrepreneur, Kamis (30/1/2020), ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan bersama dengan kelompok Anda dalam rangka untuk saling mem-back up jika masing-masing mengalami kesulitan.

1. Beritahukan Gaji Anda

Bagaimana bisa kita seterbuka ini? Namun dengan mencoba saling memberitahukan range gaji satu sama lain, dapat menjadi pemantik untuk membuka percakapan baru seperti memberitahukan tips atau kiat wawancara pribaditentang bagaimana strategi pencarian kerja ataupun cara melobi permintaan gaji ke masing-masing pekerjaan.

2. Lakukan kolaborasi bisnis

Kolaborasi bisnis adalah cara terbaik untuk berbagai produk dan layanan dengan orang lain. Walaupun beberapa dari grup kelompok atau pertemanan Anda bekerja di perusahaan yang sama, namun sejatinya proses menyelesaikan dan hasil yang dikerjakan berbeda. Sudah waktunya untuk berhenti menghalangi satu sama lain dan jangan takut untuk berbagai ide.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Siap menghadapi kesulitan bersama 

Mengobrol tentang pendapatan memang kadang membuat tidak nyaman. Namun ini perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi keuangan teman Anda dan bagaimana mereka mengatasi kesulitan.

Dengan itu, kita akan tahu apa yang terjadi pada teman serta bis amenyusun strategi untuk mengatasi kesulitan bersama. Jika dari hitung-hitungan ternyata masih tetap rentan, Anda bersama teman-teman bisa meminta bantuan ke pihak lain.

Bagaimanapun, menghadapi kesulitan bersama membutuhkan keberanian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.