Berencana Habiskan Masa Tua di Luar Negeri Anti Mahal? Simak 5 Tempat Ini

Kompas.com - 01/02/2020, 16:18 WIB
Ilustrasi pensiun. SHUTTERSTOCK/polymanuIlustrasi pensiun.

NEWYORK, KOMPAS.com - Memutuskan tempat ternyaman untuk hidup masa tua memang akan banyak pertimbangan. Sebagian orang biasanya akan mencari tempat tinggal masa tua jauh dari hingar-bingar perkotaan.

Ada pula yang mengedepankan kualitas udara dan cuaca di suatu tempat. Apalagi masih banyak tempat-tempat di Indonesia yang asri.

Namun, bila Anda ingin mencari sensasi baru, Anda boleh saja menengok kota kecil di berbagai tempat di dunia. Kota-kota ini menawarkan cuaca yang bagus untuk manula dengan biaya hidup yang relatif stabil, bahkan murah.

Selain menjadi lebih menyenangkan, Anda bisa menghemat biaya pendingin maupun pemanas ruangan yang biasanya diperlukan di sebagian kota, termasuk Indonesia. Akhirnya, berpengaruh pada menekan biaya bulanan masa tua Anda.

Baca juga: Terbang dengan Maskapai Penerbangan Murah, Perhatikan 5 Hal Ini

Dikutip CNBC, Sabtu (1/2/2020) dari InternationLiving.com berikut 5 tempat teratas untuk masa tua dengan iklim terbaik berbiaya stabil hingga rendah.

1. Portugal

Daerah Porto di Portugal bisa menjadi pilihan Anda. Cuaca di sana berangin dan cerah di musim panas. Ketinggian siang hari saat musim panas hanya sekitar 27 derajat celcius.

Anda juga bisa mengarah ke Selatan Portugal bila menyukai cuaca yang cerah. Sebab, curah hujan di daerah Selatan biasanya hanya berkisar 35 inci per tahun, lumayan berbeda dibanding Porto 49 inci per tahun.

Biaya bulanan untuk tinggal di sana, seperti di Lisbon dan Portugal bersama pasangan berkisar 2.207 dollar AS atau Rp 30,8 juta per bulan. Biaya itu sudah termasuk bahan bakar transportasi, listrik, bahan makanan dan hiburan, dan biaya lainnya.

Baca juga: Beli Barang dari Batam Akan Lebih Mahal, Ini Cara Menghitungnya

2. Kolumbia

Kolumbia biasanya memiliki suhu panas dan tropis selama setahun di kota-kota pesisir seperti Santa Marta dan Cartagena. Sementara di kota-kota seperti Medellín, Pereira dan Armenia akan lebih banyak menyuguhkan musim semi.

Perkiraan biaya bulanan untuk tinggal bersama pasangan berkisar dari 1.030 dollar AS hingga 2.720 per bulan alias sekitar Rp 14,4 juta hingga Rp 38 juta.

3. Ekuador

Iklim di Ekuador akan bervariasi berdasarkan ketinggian. Beberapa tempat mungkin bisa sangat panas sesuai ketinggiannya seperti di kota-kota meliputi Quito, Cuenca, atau Vilcabamba.

Artinya, Anda bisa saja mencari tempat dengan suhu yang tepat sesuai ketinggiannya. Anda bisa juga mencari tempat yang menawarkan musim semi sepanjang tahun dengan matahari yang hampir konstan.

Namun, suhu di sekitar pantai akan sedikit berbeda. Setengah tahun pertama biasanya bersuhu 80° F kemudian diikuti dengan suhu yang lebih berawan pada Mei-Oktober. Sedangkan musim dingin bisa ditemukan di sekitar gunung Andes.

Perkiraan biaya bulanan untuk pasangan yang tinggal di kota-kota seperti Cuenca berkisar 1.770 atau Rp 24,7 per bulan.

Baca juga: Ini Rahasia Waktu Terbaik Dapatkan Tiket Pesawat Murah

4. Peru

Jika Anda mencari suhu sejuk cenderung dingin sekitar 15,5 derajat celcius hingga 21 derajat celcius dengan angin sepoi-sepoi dan tidak ada serangga, pergilah ke kota pantai populer di Huanchaco, Peru. Anda pun tidak perlu pendingin ruangan maupun pemanas ruangan.

Jika Anda lebih suka suhu hangat dan kering, Anda dapat menemukannya di bagian selatan pantai Peru. Namun tetap saja di bulan-bulan musim dingin cenderung berkabut dan dingin.

Adapun perkiraan biaya bulanan untuk pasangan yang tinggal di Peru berkisar 1.861 dollar AS atau sekitar Rp 26 juta per bulan.

5. Meksiko

Nampaknya Meksiko bisa jadi pilihan bagi Anda yang ingin hidup tanpa hingar-bingar kepadatan lalu lintas.

Negara ini pun memiliki berbagai macam iklim. Jika Anda mencari cuaca panas yang lebih kering, pergilah ke Los Cabos, yang terletak di ujung selatan Semenanjung Baja California Meksiko.

Sementara kota-kota seperti San Miguel de Allende, yang terletak di pedalaman dekat dataran tinggi Meksiko, memiliki lebih banyak cuaca seperti musim semi,

Adapun di kota-kota pantai seperti Puerto Vallarta dan Playa del Carmen selalu hangat dan sedikit lembab.

Tak hanya itu, musim dingin di Meksiko merupakan waktu terbaik, karena suhunya berkisar 27 derajat celcius.

Perkiraan biaya hidup bulanan bersama pasangan berkisar 1.890 dollar AS atau Rp 26,4 juta per bulan.

Baca juga: 10 Kota Terbaik untuk Anda yang Ingin Berkarier di Luar Negeri

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X