Sri Mulyani: Virus Corona Berdampak ke Sektor Pariwisata, tetapi..

Kompas.com - 03/02/2020, 12:53 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Kamis (30/1/2020). KOMPAS.COM/MUTIA FAUZIAMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wabah virus corona yang merebak sejak akhir tahun 2019 kemarin, menambah satu lagi ketidakpastian ekonomi global, termasuk bagi negara emerging market seperti Indonesia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun mengakui, wabah virus corona mungkin akan berdampak pada beberapa sektor, utamanya sektor pariwisata.

Apalagi, pemerintah telah melarang terbang beberapa maskapai dalam negeri dari dan ke China. Sehingga, turis China di berbagai daerah pariwisata akan menurun.

"Tapi kita juga punya pariwisata yang mungkin akan terpengaruh (karena virus corona)," kata Sri Mulyani usai memberikan kuliah umum di UI Salemba, Jakarta, Senin (3/2/2020).

Baca juga: Mulai Rabu, Garuda Hentikan Sementara Penerbangan dari dan ke China

Namun, mantan Direktur Bank Dunia ini mengatakan, pihaknya akan menjalankan beberapa kebijakan (policy) untuk membuat struktur ekonomi RI lebih berimbang.

Dia pun berharap, kebijakan yang telah dicanangkan sejak tahun lalu itu akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita harap nanti ada hasilnya di 2020. Misalnya konstruksi, ini kita sudah keluarkan cukup banyak policy untuk meningkatkan dan menstimulus sektor-sektor properti dan konstruksi," ujar Sri Mulyani.

Selain itu, kata dia, setidaknya masih ada 3 sektor yang mampu menstimulus pertumbuhan ekonomi RI di tengah merebaknya virus corona. Sektor-sektor itulah yang harus segera ditingkatkan dan dijaga.

"Perdagangan masih cukup bagus, pertanian kita harus tetap bisa jaga. Pertanian, perikanan, pertambangan dalam hal ini adalah 3 hal yang biasanya sangat mempengaruhi pulau2 di luar Jawa. Itu mungkin harus kita tingkatkan," sebut Ani.

Baca juga: Semua Penerbangan Lion Air ke China Dibatalkan, Penumpang Bisa Refund

Sebelumnya diberitakan, Badan Kesehatan Dunia (WHO) akhirnya resmi mengumumkan status darurat dunia atas kasus virus corona yang terus menyebar ke luar China.

Halaman:
Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.