KILAS

Dengan IT CEPA, Indonesia dan Turki Optimis Catat Transaksi Dagang 10 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 05/02/2020, 14:00 WIB
Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga melakukan pertemuan dan dialog bisnis dengan 30 orang pelaku usaha Turki di Kayseri, Turki, Sabtu (1/2/2020). DOK. Humas Kementerian PerdaganganWakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga melakukan pertemuan dan dialog bisnis dengan 30 orang pelaku usaha Turki di Kayseri, Turki, Sabtu (1/2/2020).

KOMPAS.com – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan, penguatan hubungan kerja sama dengan Turki merupakan prioritas utama bagi Indonesia

Apalagi, kedua Kepala Negara telah menetapkan target perdagangan sebesar 10 miliar AS pada 2023.

Untuk itu, Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Turki (IT CEPA) menjadi salah satu cara mencapai target tersebut.

Jerry menerangkan perundingan IT CEPA dimulai dengan perjanjian perdagangan barang dan kini putaran ke-4 baru saja selesai .

"Saya percaya, sangat penting bagi kedua negara untuk mengakselerasi negosiasi agar IT CEPA dapat diselesaikan tahun ini,” katanya dalam pertemuan dengan sekitar 30 pelaku usaha Turki di Kayseri, Turki, Sabtu (1/2/2020).

Baca juga: Mendag: Perkuat Ekonomi Kerakyatan, Pemerintah Berkomitmen Revitalisasi Pasar Rakyat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menambahkan, IT CEPA bukan semata-mata tentang bisnis, tetapi juga kemitraan dan kolaborasi sehingga masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Jerry pun meminta dukungan para pelaku usaha Turki untuk mendorong pemerintah Turki mempercepat penyelesaian IT CEPA.

Dengan begitu, lanjutnya, para pelaku usaha dari kedua negara bisa mendapatkan tarif khusus ke kedua pasar.

Adapun, turut hadir dalam pertemuan tersebut Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal, Konsul Kehormatan Turki untuk RI Tahir Nursacan, serta Atase Perdagangan di Turki Eric Nababan.

Baca juga: Mendag: Ekspor-Impor Tak Terdampak Virus Corona

Mitra penting Indonesia

Pada kesempatan yang sama, Jerry menyampaikan, berbagai upaya yang telah dilakukan hingga saat ini hingga membuat Indonesia memiliki reputasi sangat baik di kancah ekonomi global.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X