KILAS

Mendag: Perkuat Ekonomi Kerakyatan, Pemerintah Berkomitmen Revitalisasi Pasar Rakyat

Kompas.com - 30/01/2020, 11:55 WIB
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto saat meresmikan hasil revitalisasi Pasar Banjarejo di Kabupaten Blora, Jawa Tengah,  Rabu (29/1/2020). DOK. Humas Kementerian PerdaganganMenteri Perdagangan Agus Suparmanto saat meresmikan hasil revitalisasi Pasar Banjarejo di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (29/1/2020).

KOMPAS.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengatakan, revitalisasi pasar rakyat merupakan komitmen pemerintah untuk terus memperkuat ekonomi kerakyatan.

Hal itu dia katakan saat meresmikan hasil revitalisasi Pasar Banjarejo di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Rabu (29/1/2020).

"Keberadaan pasar rakyat menjadi sarana berjualan terutama bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)," kata dia seperti dalam keterangan tertulisnya. 

 

Tak hanya itu, Agus juga menyebut pasar rakyat merupakan salah satu wadah penting untuk memperlancar arus barang antarwilayah khususnya kebutuhan barang pokok masyarakat.

Baca juga: Bangun Citra Positif Pasar, Mendag Tetapkan 13 Daerah Tertib Ukur

“Di tengah pesatnya pembangunan pasar modern, pasar rakyat tetap memiliki keunggulannya tersendiri, yaitu harga yang terbentuk dalam bertransaksi merupakan hasil dari proses tawar menawar,” jelasnya.

Dia menambahkan, pasar rakyat selain sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat di Indonesia, juga memiliki kedekatan dengan aspek sosial dan budaya masyarakat setempat.

Kedua aspek tersebut pun menjadi nilai unik tersendiri dari pasar rakyat.

Dengan begitu, kedudukan pasar rakyat masih tetap penting dan menyatu dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga: Dorong Peningkatan Ekonomi Indonesia, Mendag Serukan Gerakan Belanja Produk Dalam Negeri

Pembangunan fisik dan nonfisik Pasar Banjarejo

Pada kesempatan yang sama, Agus menjelaskan pembangunan di Pasar Banjarjo dilakukan secara fisik dan nonfisik.

Pada pembangunan fisik, kini pasar ini memiliki 41 unit kios dan 171 lapak dan mampu menampung 341 pedagang.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X