Menkop UKM Datangi Sentra Bahan Baku Rotan di Banjarmasin untuk Atasi Masalah Pasokan

Kompas.com - 07/02/2020, 22:30 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke PT. Sarikaya Sega Utama yang merupakan produsen dan eksportir rotan wood carpet di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (7/02/2020). Turut mendampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel Gustafa Yandi, Kepala Bidang Penindakan dan Penyelidikan Kanwil Ditjen Bea Cukai Kalsel Rahmadi Efendi. Humas KemenkopMenteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke PT. Sarikaya Sega Utama yang merupakan produsen dan eksportir rotan wood carpet di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (7/02/2020). Turut mendampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel Gustafa Yandi, Kepala Bidang Penindakan dan Penyelidikan Kanwil Ditjen Bea Cukai Kalsel Rahmadi Efendi.

BANJARMASIN, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki melakukan kunjungan kerja ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan untuk mendengarkan masukan secara langsung terkait bahan baku rotan.

Menkop UKM Teten Masduki mengatakan, pihaknya ingin melihat secara langsung permasalahan rotan, mulai dari hulu. Karena, saat ia mendatangi sentra furnitur di Jawa Tengah beberapa hari lalu, ditemukan adanya pasokan bahan baku yang tidak stabil.

"Saya kemari ingin lihat problem rotan di hulu seperti apa. Karena kemarin keliling di sentra furnitur di Jateng. Memang ada problem supply yang tidak stabil, kurang di hulunya," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (7/2/2020).

Teten mengaku terbatasnya pasokan ke wilayah Jawa, disebabkan para petani hingga pengolah rotan di hulu, masih beranggapan bahwa skala ekonomi permintaan masih dirasa kurang. Jika dibandingkan tahun 2000an, kata Teten, masih jauh di bawahnya.

"Jika permintaan akan bahan baku rotan kecil, maka sentra produksi ada masalah. Permintaan kecil dalam negeri. Disini tidak masuk dalam skala ekonomi, baik petani, pemungut sampai pengolah. Tidak sepeti tahun 2000an," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X