Mana Paling Untung, Tabungan, Deposito, Atau Investasi

Kompas.com - 11/02/2020, 19:34 WIB
Ilustrasi investasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi investasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika Anda memiliki sana berlebih, tentunya Anda milai mencari cara agar dana yang Anda miliki tidak habis begitu saja.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam menyelamatkan dana Anda yang berlebih tersebut. Misalkan saja menabung (saving), deposito atau melakukan investasi.

Nah, lalu di antara tabungan, deposito dan investasi, mana yang paling menguntungkan?

Freddy Tedja, Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) mengatakan tabungan saja tentunya tidak cukup karena faktor inflasi akan menggerus tabungan Anda.

"Saving itu kita anggap (bunganya) 1 persen per tahun . Memang ada sih lebih gede, 4 persen sampai 5 persen, tapi untuk mendapat bunga itu uangnya harus di atas Rp 5 miliar," kata Freddy di Jakarta Selaaa (11/2/2020).

Sementara itu bunga deposito 5 persen per tahunnya, bahkan bukan tidak mungkin ada bank yang memberikan bunga sampai dengan 9 persen. Namun, ini tentunya harus dibarengi nominal yang tidak sedikit.

"Kalau kita uangnya cuma Rp 1 juta, sudah pasti deh bungnya dibawah 2 persen sampai 3 persen," jelasnya.

Freddy mengatakan, untuk instrumen investasi tentunya akan lebih menguntungkan karena potensi imbal hasilnya yang melebihi inflasi.

"Kalau kita taruh di tabungan dengan bunga 1 persen, maka inflasi 10 tahun terakhir average-nya 4,7 persen yang artinya uang kita itu enggak berkembang. Nominal nambah tapi daya belinya malah minus karena inflasinya malah sudah 4,7 persen," jelasnya.

Sementara itu, jika Anda meletakkan dana Anda di deposito, maka jika dibanding dengan inflasi 10 thn terahir masih ada lebihnya 0,3 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X