Pegadaian Berencana IPO pada 2020, Bagaimana Kelanjutannya?

Kompas.com - 13/02/2020, 16:38 WIB
Pegadaian Dok PegadaianPegadaian

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) beberapa waktu lalu mengungkapkan berencana melantai di bursa dengan skema penawaran umum perdana atau initial public offering ( IPO) pada 2020.

Namun, Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto mengatakan belum ada putusan resmi soal penawaran saham Pegadaian kepada publik melalui Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut.

"Jadi belum ada putusan yang pasti tentang IPO," kata Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto di Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Baca juga: Pegadaian Akan Terbitkan Obligasi Rp 10 Triliun

Kendati demikian, Kuswiyoto menyebut Pegadaian tengah mempersiapkan diri untuk melantai di bursa, salah satunya dengan terus mempercantik kinerja perusahaan.

"Kita memang sudah cantik, tapi saya mau mempercantik diri dulu. Bukan moles ya. Enggak pakai maskara, enggak pakai gincu, enggak pakai eye shadow, tapi asli cantik (kinerja perusahaannya)," seloroh Kuswiyoto.

Kuswiyoto menuturkan, cara itu dilakukan agar harga penawaran semakin moncer saat pertama kali melantai di bursa. Terlebih dia bilang, banyak investor yang telah menunggu IPO-nya Pegadaian karena baiknya kinerja perusahaan.

Seperti diketahui, PT Pegadaian (Persero) membukukan laba sebesar Rp 3,1 triliun pada 2019 atau tumbuh 12 persen dari Rp 2,8 tahun 2018.

Baca juga: Tumbuh 12 Persen, Pegadaian Bukukan Laba Rp 3,1 Triliun Sepanjang 2019

Selain itu, Pegadaian mampu membukukan outstanding pembiayaan (OSL) sebesar Rp 50,4 triliun atau tumbuh 23,3 persen dari Rp 40,9 triliun pada 2018. Pegadaian mampu menjaga rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) gross di angka 1,75 persen.

"Kita lihat angkanya sangat menarik sekali. Sangat menarik. Makanya kita ingin mempercantik perusahaan supaya nanti lakunya lebih tinggi. Supaya nanti konten jual kita juga lebih bagus," terang dia.

Lebih lanjut, soal upaya mempercantik perusahaan, pihaknya mengaku telah mempersiapkan berbagai program alias inovasi perusahaan pada 2020 ini.

Sebelumnya diberitakan, Pegadaian berencana untuk melantai di bursa efek alias initial public offering (IPO) pada tahun 2020.

Direktur Keuangan dan Perencanaan Startegi Pegadaian Ninis Kesuma Adriani mengaku telah berkoordinasi secara informal dengan Kementerian BUMN untuk membicarakan rencana tersebut, sambil menyiapkan transformasi Pegadaian.

"Persiapan yang kami lakukan dengan menjalankan transformasi untuk menjadikan Pegadaian sebagai perusahaan keuangan bernilai tinggi dan agen inklusi keuangan melalui penerapan strategi-strategi perusahaan," kata Ninis pada saat itu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X