Pasar Global Khawatir Pelemahan Ekonomi China, Rupiah Ditutup Melemah

Kompas.com - 18/02/2020, 17:28 WIB
Ilustrasi rupiah ShutterstockIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada penutupan perdagangan di pasar spot pada Selasa (18/2/2020) mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg, rupiah ditutup pada level Rp 13.694 per dollar AS. Rupiah melemah 34 poin sebesar 0,25 persen dibanding penutupan pada Senin (17/2/2020) yang mencapai Rp 13.660 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan pasar masih khawatir terhadap proyeksi perlambatan ekonomi China akibat virus corona.

"Ya masih sentimen yang tadi pagi, kekhawatiran perlambatan ekonomi karena virus corona menekan harga aset berisiko termasuk rupiah," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Rupiah Dibuka Menguat Tipis

Ia juga menyebut sentimen negatif proyeksi pelemahan ekonomi China mendorong indeks saham Asia sore ini kembali melemah. Sementara indeks saham Eropa juga dibuka turun.

"Saham Asia seperti Nikkei dan Hangseng ditutup melemah dan Sore ini indeks saham Eropa seperti DAX Jerman juga dibuka turun karena sentimen tersebut," jelas Ariston.

Selama satu bulan lebih, virus corona tak hanya menyebabkan korban tewas, namun juga menyerang berbagai sektor industri di dunia. Hal ini dikhawatirkan bakal mempengaruhi ekonomi global jika wabah berlanjut semakin lama.

Beberapa industri juga mulai mengumumkan penurunan pendapatannya. Misalkan saja industri otomotif yang sebagian besar bergantung pada supplai bahan baku dari China.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X