Erick Thohir Targetkan Setoran BUMN ke Negara Rp 700 Triliun Pada 2024

Kompas.com - 20/02/2020, 17:04 WIB
Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) 2020 diluncurkan Menteri BUMN Erick Thohir dan didampingi Kemendikbud Nadiem Makarim serta dihadiri direksi dari 143 BUMN dan mahasiswa serta rektor dari 300 PTN/PTS dari seluruh Indonesia (12/2/2020). DOK. KEMENDIKBUDProgram Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) 2020 diluncurkan Menteri BUMN Erick Thohir dan didampingi Kemendikbud Nadiem Makarim serta dihadiri direksi dari 143 BUMN dan mahasiswa serta rektor dari 300 PTN/PTS dari seluruh Indonesia (12/2/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menargetkan perusahaan-perusahaan plat merah bisa memberi setoran ke negara hingga Rp 700 triliun di 2024.

Setoran ke negara tersebut meliputi pajak, dividen dan royalti.

“Sekarang itu (setoran BUMN ke negara) Rp 400 triliunan, kami coba tingkatkan Rp 700 triliun lebih. Ini yang ujungnya ingin capai," ujar Erick di Gedung DPR RI, Kamis (20/2/2020).

Baca juga: Erick Thohir Mau Bubarkan 5 Anak Usaha Garuda Indonesia

Erick mengakui, target yang dicanangkan tersebut tak mudah dilakukan. Sebab, saat ini kondisi perekonomian global sedang tak menentu.

Namun, dia tetap yakin perusahaan-perusahaan BUMN bisa merealisasikan targetnya tersebut.

“Memang kemarin ada perdebatan di dalam, saya rasa tidak mudah menaikkan profit 10 persen per tahun, apalagi dengan kondisi ekonomi seperti ini. Apalagi di era disrupsi ada model-model bisnis yang bisa hilang," kata Erick.

Baca juga: Luhut: Hanya 2 Juta Wisman China Masuk RI Saja Sudah Ribut...

Selain setoran ke negara, Erick juga menargetkan laba bersih perusahaan BUMN bisa meningkat dalam lima tahun ke depan. Saat ini, laba bersih perusahaan BUMN sekitar Rp 180 triliun per tahunnya.

“Kita berharap di tahun 2024 laba bersih ini bisa Rp 300 triliunan. Kita berusaha, tidak mudah karena kondisinya, tapi kita tingkatkan hampir double," ucap dia.

Baca juga: Ini Batas Waktu Pelaporan SPT Tahunan pada 2020, Jangan Sampai Telat

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X