Kementerian BUMN Siapkan RS Pertamina Jaya dan Hotel Patra untuk Tangani Pasien Corona

Kompas.com - 17/03/2020, 21:14 WIB
Tim Medis Rumah Sakit Pertamina Jaya memeriksa suhu tubuh seorang pegawai di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Pemeriksaan kondisi suhu tubuh bagi pegawai maupun tamu tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19. ANTARA FOTO/APRILLIO AKBARTim Medis Rumah Sakit Pertamina Jaya memeriksa suhu tubuh seorang pegawai di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Pemeriksaan kondisi suhu tubuh bagi pegawai maupun tamu tersebut untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyiapkan Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) dan Hotel Patra Comfort, Jakarta sebagai tempat penanganan COVID-19.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga di Jakarta, Selasa mengemukakan bahwa saat ini RSPJ memiliki kapasitas 65 tempat tidur yang terdiri dari 20 tempat tidur untuk perawatan setingkat ICU dan 45 tempat tidur nonICU.

"Penangannya akan didukung 10 dokter spesialis, delapan dokter umum, dan tiga perawat terlatih," ujarnya, Selasa (17/3/2020).

Baca juga: Stafsus Erick Thohir: BUMN Terakhir Kali Ekspor Masker Januari 2020

Ia menambahkan RSPJ juga dilengkapi laboratorium diagnostik yang dapat mendeteksi virus corona. Kemudian, terdapat juga fasilitas radiologi dan gawat darurat yang dilengkapi ruang isolasi.

Selain itu, Arya juga mengatakan bahwa Kementerian BUMN akan menggunakan bangunan lama yang ada di sekitar Jalan Cikini dan Pramuka, Jakarta, untuk dimanfaatkan menjadi tempat pasien yang terifeksi Corona.

"Jadi RS Pertamina Jaya akan gunakan bangunan lama di sekitar Cikini dan Pramuka, Jakarta. Itu ada sarana ruangan isolasi bertekanan tinggi di tiga lantai sehingga sistem penyaluran udaranya tidak terlewati virus," paparnya.

Ia mengatakan di bangunan lama itu akan disiapkan penambahan sebanyak 90 tempat tidur. Ditargetkan dapat terealisasi dalam waktu dekat guna membantu kebutuhan penanganan COVID-19.

"Ada 90 tempat tidur lagi kita buat tambahan nantinya, dipersiapkan untuk pasien corona," katanya.

Selain itu, Arya menambahkan pihaknya juga bakal menggunakan Hotel Patra Comfort sebagai tempat orang dalam pengawasan (ODP) COVID-19, dengan kapasitas sebanyak 52 tempat tidur.

"Hotel itu untuk ODP sebagai save house, sesuai arahan Pak Menteri (BUMN)," ucapnya.

RS Pertamina Jaya dan Hotel Patra Comfort merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero) yang letaknya bersebelahan berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta Pusat.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X