Erick Thohir Perintahkan Bank BUMN Turunkan Suku Bunga Bagi Pelaku UMKM

Kompas.com - 20/03/2020, 14:51 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat meninjau Rumah Sakit Pertamina Jaya, Rabu (11/3/2020). Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat meninjau Rumah Sakit Pertamina Jaya, Rabu (11/3/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Erick Thohir memerintahkan bank plat merah untuk menurunkan suku bunga kredit kepada para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah ( UMKM).

Hal ini ditujukan untuk menjaga keberlangsungan usaha pelaku UMKM di tengah kondisi krisis akibat pandemi virus corona.

“Kita ingin memastikan bank-bank BUMN agar segera menurunkan suku bunga bagi UKM. Karena hari ini banyak sekali UKM yang terdampak, jadi kita akan turunkan suku bunga,” ujar Erick dalam video conferencenya kepada wartawan, Jumat (20/3/2020).

Baca juga: BI Sudah Turunkan Suku Bunga, Saatnya Fokus ke Stimulus Fiskal

Erick mengaku telah mengkonsultasikan hal ini dengan Bank Indonesia dan instansi terkait lainnya. Namun, sejauh ini, kata Erick, Bank Indonesia dan instansi lainnya telah menyetujui langkah yang diambilnya.

“Nanti pasti mekanisme akan dikoordinasikan kementerian dengan gubernur BI dan semuanya, tapi kebijakan itu akan segera diambil. Mekanisme bisa nanti sore pasti ada arahan dari mereka,” kata Erick.

Selain itu, Erick juga tengah mengakukan ke Otoritas Jasa Keuangan terkait relaksasi bagi para industri yang terkena dampak akibat mewabahnya virus corona.

“Istilahnya relaksasi untuk sektor-sektor terdampak, seperti hotel, pariwisata, penerbangan, restoran dan lain-lain yang punya pinjaman kepada (bank) BUMN. Tapi kita tunggu persetujuannya. Karena ini bagian kita pastikan ekonomi tetap berjalan,” ucap dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X