Banyak Pegawai Kerja dari Rumah, Startup Ini Bikin Aplikasi Presensi Online

Kompas.com - 26/03/2020, 21:47 WIB
Ilustrasi bekerja di rumah, social distancing SHUTTERSTOCK/fizkesIlustrasi bekerja di rumah, social distancing

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak beberapa pekan lalu, pemerintah menginstruksikan kebijakan kerja dari rumah atau work from home bagi pegawai perusahaan dan instansi pemerintah.

Kebijakan ini bertujuan untuk menurunkan risiko penyebaran virus corona.

Work from home sendiri bukan hal baru di masyarakat Indonesia, meskipun pegawai perusahaan teknologi, startup hingga agensi yang biasanya lebih familiar dengan sistem ini.

Baca juga: Kerja dari Rumah, Hindari 4 Kesalahan Ini agar Produktif

Sementara di beberapa sektor industri lainnya, masih ada limitasi dalam penerapan sistem kerja dari rumah, sehingga HR di tengah kondisi ini butuh waktu untuk memformulasikan strategi terbaik bagi perusahaan untuk menerapkan kerja dari rumah tetapi juga memastikan produktivitas karyawan tetap terukur.

Keberadaan teknologi kemudian menjadi salah satu penopang keberlangsungan produktivitas dan operasional bisnis.

Belum lama ini, perusahaan rintisan Talenta by Mekari, menghadirkan aplikasi berbasis mobile yang mengedepankan solusi pengelolaan absensi karyawan yang praktis dan mudah digunakan yakni Attendance by Talenta.

Suwandi Soh, CEO Mekari, menyatakan di masa seperti ini, baik elemen pemerintahan, BUMN, pemilik usaha, dituntut untuk secara tanggap bergerak dengan strategis untuk mendukung imbauan pemerintah menerapkan work from home bagi karyawan, karena kesehatan dan keselamatan menjadi tujuan utama kita semua.

Baca juga: Cerita Warren Buffett Kerja dari Rumah akibat Corona, Apa Kesannya?

"Adaptasi perubahan sistem kerja ini menjadi tantangan karena harus memastikan karyawan aman namun produktivitas tetap jalan. Attendance by Talenta kami harap bisa menjadi solusi yang tepat bagi para HR untuk dapat melakukan work from home yang terukur dengan baik," kata Suwandi dalam keterangannya, Kamis (26/3/2020).

Dengan fitur selfie check-in dan check-out serta pencatatan lokasi berbasis GPS, karyawan akan dimudahkan untuk melakukan absensi langsung dari handphonenya.

Tidak hanya itu, pemilik usaha atau HR pun dapat tetap mengelola absensi dan melakukan monitor jam kerja karyawan secara real-time.

Untuk mendapatkan akses absensi ini, karyawan dapat langsung mengunduh aplikasi di ponsel secara mandiri dan tidak ada persyaratan apapun yang dibebankan sebelum menggunakannya.

“Kami menyadari transisi kerja di masa ini mungkin sulit bagi beberapa industri, harapannya kemudahan yang kami kedepankan di aplikasi Attendance by Talenta dapat memberikan sedikit pencerahan bagi para pemilik usaha ataupun tim HR yang pastinya sedang bekerja keras di masa ini," imbuh Suwandi.

Baca juga: Kerja dari Rumah Bikin Rajin Belanja Online? Begini Kiat Mengatasinya

Tidak hanya menyorot fitur live attendance dan real-time monitoring, Attendance by Talenta juga memberikan kemudahan bagi perusahaan atau pemilik usaha dalam mengelola roster shift, hal ini bertujuan untuk mengatur jadwal yang lebih sehat bagi karyawan dan menghindari understaffing bagi pemilik usaha yang memiliki beberapa outlet.

Hingga saat ini, aplikasi ini dapat diunduh di ponsel dengan sistem operasi Android dan dapat digunakan secara gratis selama 120 hari ke depan jika melakukan pendaftaran pada 17-31 Maret 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X