Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Freeport Indonesia Hentikan Penerbangan Penumpang ke Timika

Kompas.com - 03/04/2020, 15:46 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) menghentikan penerbangan menuju Timika untuk mengantisipasi penyebaran Corona di wilayah Timika dan dan area proyek. Selain itu, Freeport juga membatasi pergerakan para personil dari dataran rendah ke dataran tinggi.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (2/4/2020), hal itu dilakukan oleh Freeport sejak sejak 26 Maret.

Sementara untuk penerbangan cargo, pengangkutan tenaga medis, pengiriman sampel darah dan aspek medis lainnya tetap dilakukan demi memenuhi kebutuhan pokok masyarakat serta karyawan di Timika dan Tembagapura, dengan memaksimalkan protokol kesehatan setempat.

"Izin penerbangan keluar Timika diberikan Pemerintah Daerah hanya untuk tujuan evakuasi dengan alasan medis yang direkomendasikan oleh dokter," jelas VP Corporate Communication Freeport Indonesia Riza Pratama.

Baca juga: Berapa Orang Papua yang Jadi Eksekutif di Freeport?

Selain itu, PTFI juga menghentikan pembelian atau pemesanan tiket pesawat ke Timika bagi para karyawan, kontraktor dan anggota keluarga yang datang ke area proyek PTFI dengan maskapai komersial.

Langkah ini diambil sebagai bentuk dukungan perusahaan terhadap arahan dan kebijakan Bupati Mimika Provinsi Papua dalam mencegah, mengendalikan, serta menanggulangi Covid-19 di Kabupaten Mimika.

“Covid-19 merupakan sebuah pandemi yang membutuhkan kolaborasi semua pihak dalam
pengendaliannya. Kami sangat mendukung kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dan siap
berpartisipasi di dalamnya," lanjut Riza.

Untuk memastikan penerbangan cargo, medis, dan evakuasi yang menggunakan Airfast dilakukan secara aman, Freeport Indonesia meningkatkan prosedur keamanan dan kebersihan pesawat.

Beberapa di antaranya adalah dengan menyemprotkan disinfektan pada cargo yang
dibawa, melakukan pengukuran suhu tubuh pada seluruh pihak yang terlibat di dalam proses
penerbangan, dan membekali para awak penerbangan dengan alat perlindungan diri yang
lengkap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com