Segera Dibuka, Ini Tahapan Daftar Kartu Prakerja via Online

Kompas.com - 07/04/2020, 14:11 WIB
Kartu Pra Kerja Kartu Pra KerjaKartu Pra Kerja

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan membuka pendaftaran Kartu Prakerja 2020 secara online. Program ini ditujukan untuk mengurangi dampak ekonomi dari wabah virus corona (Covid-19).

Pendaftaran Kartu Prakerja rencananya akan dibuka pada minggu ini. Para peserta yang terdaftar akan menerima bantuan uang sebesar Rp 3.550.000 untuk biaya pelatihan dan insentif.

Syarat Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal. Pendaftarannya sendiri belum resmi dibuka, sehingga fasilitas login baru tersedia dalam waktu dekat. 

Dikutip dari laman Prakerja.go.id, Selasa (7/4/2020), berikut tahapan cara membuat Kartu Prakerja 2020 ( daftar online Kartu Prakerja):

Baca juga: Pengumuman, Pendaftaran Kartu Pra Kerja Akan Dibuka Minggu Ini

Tahap pertama yakni calon peserta harus mendaftarkan akun pada laman Prakerja.co.id yang saat ini dibuka. Setelah memiliki akun di laman tersebut, baru calon peserta melakukan verifikasi KTP dan melengkapi data diri pada form yang disediakan secara online (formulir Prakerja).

Selanjutnya, calon peserta bisa melakukan swafoto yang disertai KTP dan verifikasi telepon untuk bisa ke tahap survei yang harus diisi. Tahap berikutnya, peserta tinggal menunggu evaluasi dengan menunggu notifikasi apakah bisa diterima sebagai peserta atau gugur. 

Cara pengecekan kelulusan pun sepenuhnya dilakukan secara online, di mana calon peserta bisa mengetahui status kepesertaannya diterima atau tidak dengan melihat atau masuk ke dashboard akun yang telah didaftarkan.  

Baca juga: Menaker Upayakan Pekan Pertama April Kartu Pra Kerja Dapat Dibagikan

Kapan pendaftaran Kartu Prakerja?

Sebaiknya calon peserta selalu meng-update informasi di Prakerja.go.id atau cara mendaftar Kartu Prakerja online yang rencananya akan dibuka pada minggu ini (daftar online Kartu Prakerja untuk cara membuat Kartu Prakerja).

Baca tentang


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X