Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkeu Telah Cairkan Anggaran Rp 3,3 Triliun untuk BNPB

Kompas.com - 08/04/2020, 12:49 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk bidang kesehatan Rp 75 triliun untuk penanganan virus corona (covid-19).

Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Askolani mengatakan, pihaknya telah mencairkan dana sebesar Rp 3,3 triliun dari total alokasi anggaran kesehatan untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Saat ini yang untuk di bidang kesehatan diprioritaskan di kesehatan adalah pertama, kami sudah dari Kemenkeu sudah support anggaran awal yang sudah diserahkan ke BNPB untuk penanganan Covid dalam waktu dekat sekitar Rp 3,3 triliun," ujar Askolani dalam video conference, Rabu (8/4/2020).

Baca juga: Karantina Wilayah dari Sisi Anggaran: Kebutuhan Dasar Ditanggung APBN

Lebih lanjut dia menjelaskan, pihak Kementerian Keuangan siap untuk mengakomodir setiap usulan tambahan anggaran lain baik dari BNPB maupun Kementerian Kesehatan untuk penanganan kesehatan.

Adapun beberapa hal yang kini menjadi prioritas anggaran Kemenkeu adalah sarana dan prasarana rumah sakit, serta pengadaan alat kesehatan untuk penanganan virus corona.

"Kita siap akomodasi dan menampung usulan tambahan lain yang akan dilakukan BNPB dan Kementerian Kesehatan dalam menangani kesehatan, arahnya adalah persiapan sarana dan prasarana rumah sakit, alat kesehatan yang kian banyak bisa disiapkan dan disupport pemerintah, serta SDM," terang dia.

"Di situ kemudian ada sebagian masih sifatnya mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan berikutnya yang akan diusulkan masing-masing Kementerian/Lembaga," ujar Askolani.

Baca juga: Melihat Anggaran Penanganan Corona Anies, RK, Ganjar, dan Khofifah

Sebagai informasi, pemerintah menyiapkan dana sebesar Rp 405,1 triliun untuk stimulus di berbagai bidang dalam rangka menangani covid-19.

Anggaran untuk stimulus ini setara 15,9 persen dari total belanja negara sebesar Rp 2.540,4 triliun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

Jika dirinci anggaran terdiri dari Rp 75 triliun untuk bidang kesehatan, Rp 110 triliun untuk perlindungan sosial (social safety net), Rp 70,1 triliun untuk insentif perpajakan dan stimulus Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta Rp 150 triliun untuk pembiayaan program pemulihan ekonomi nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com