Musim PHK, Perusahaan Ini Justru Akan Rekrut 50.000 Pekerja

Kompas.com - 19/04/2020, 09:45 WIB
Walmart juga menerapkan jam operasional khusus untuk kalangan yang rentan terpapar virus Corona, mulai pukul 07.00 pagi. AlamyWalmart juga menerapkan jam operasional khusus untuk kalangan yang rentan terpapar virus Corona, mulai pukul 07.00 pagi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Walmart Inc mengatakan bahwa pihaknya akan menambah 50.000 pekerja di toko-toko, klub-klub dan pusat-pusat distribusi mereka untuk memenuhi lonjakan permintaan bahan makanan dan kebutuhan rumah tangga dari konsumen yang menimbun selama wabah virus corona.

Dilansir Reuters, peritel ini mengatakan telah mencapai target sebelumnya yaitu merekrut 150.000 pekerja enam minggu lebih cepat dari jadwal, rata-rata menerima 5.000 orang per hari pada saat jutaan orang Amerika kehilangan pekerjaan di tengah seruan "tinggal di rumah".

Langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran penyakit ini telah menghentikan aktivitas ekonomi, memaksa perusahaan mengambil langkah drastis untuk menghemat uang.

Baca juga: Sambut Ramadhan, Simak Ragam Paket Parcel di Hypermart

Walmart mengatakan pihaknya telah bekerja dengan lebih dari 70 perusahaan yang memecat pekerja mereka karena pandemi untuk merekrut 150.000 karyawan baru, banyak di antaranya berasal dari industri restoran dan perhotelan.

Perusahaan mengatakan 85 persen dari pekerja yang dipekerjakan pergi ke peran sementara atau paruh waktu.

Melambungnya permintaan makanan, pembersih, kertas toilet, dan produk rumah tangga lainnya juga mendorong peritel lain semacam Kroger, Target, dan Amazon.com Inc untuk merekrut oleh ribuan orang.

Baca juga: Keputusan di Tangan Luhut, Larangan Mudik Lebaran Masih Simpang Siur

Secara terpisah, Walmart mengatakan sekarang akan mewajibkan staf di AS untuk mengenakan masker atau penutup wajah lainnya di tempat kerja.

"Termasuk di toko, klub, pusat distribusi serta di kantor perusahaan kami,” tulis Presiden Walmart AS John Furner mengatakan dalam memo.

Baca juga: Besok, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang II Dibuka

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Lagi musim PHK, perusahaan ini malah rekrut puluhan ribu karyawan

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X