Andalkan Sentimen Eksternal, Rupiah Akan Kembali Menguat?

Kompas.com - 28/04/2020, 09:34 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com -  Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memproyeksikan rupiah hari ini berpotensi untuk kembali menguat dengan ditopang dari sentimen positif dari eksternal.

“Hari ini pasar keuangan bisa mendapatkan sentimen positif dari penguatan indeks Dow Jones semalam yang mengantisipasi rencana dibukanya lockdown di sebagian negara bagian di AS,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Selain itu rupiah juga mendapat dukungan dari rencana Bank of Japan (BOJ) yang akan menggelontorkan stimulus obligasi tanpa batas hari ini.

“Tapi di sisi lain, pasar masih mengkhawatirkan pelemahan ekonomi karena wabah Covid-19 dan penurunan kembali harga minyak mentah,” jelas dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini bergerak pada kisaran Rp 15.300 per dollat AS sampai dengan Rp 15.500 per dollar AS.

Sementara di pasar spot pagi ini, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS mengalami pelemahan.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.20 WIB rupiah berada pada level Rp 15.430 per dollar AS atau melemah 45 poin (0,29 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 15.385 per dollar AS.

Baca juga: Rupiah Ditutup Menguat Tipis pada Level Rp 15.385 Per Dollar AS



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X