Kompas.com - 05/05/2020, 08:09 WIB
Direktur Utama Irfan Setiaputra dan Komisaris Utama Garuda Indonesia Triawan Munaf di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Kompas.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirektur Utama Irfan Setiaputra dan Komisaris Utama Garuda Indonesia Triawan Munaf di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) menyatakan, memiliki 3 opsi penyelesaian pembayaran utang sukuk global yang akan jatuh dalam waktu dekat.

Garuda memiliki utang sukuk global dengan nilai penerbitan sebesar 496,84 juta dollar AS yang akan jatuh tempo pada 3 Juni 2020.

"Sukuk atau bond, setiap kali jatuh tempo ada tiga opsi," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra, dalam sebuah diskusi virtual, Senin (4/5/2020).

Lebih lanjut, Irfan menjelaskan ketiga opsi itu adalah pembayaran utang dengan diskon, pembayaran utang secara utuh, dan terakhir perpanjangan jangka waktu pembyaran utang.

Baca juga: Terimbas Pandemi, Garuda dan KAI Pastikan Karyawan Tetap Dapat THR

Irfan mengaku menyayangkan tanggal jatuh tempo utang yang terjadi pada pandemi Covid-19.

Pasalnya, kondisi keuangan perseroan tengah tidak dalam kondisi maksimal, akibat menurun drastisnya jumlah penumpang selama masa pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau jatuh tempo dua tahun lagi, atau tahun lalu cerita-nya beda, tiga opsi ini kita buka," katanya.

Kendati demikian, Irfan menegaskan pihaknya akan tetap melakukan koordinasi dengan para pemegang saham, terkaif penyelesaian utang.

Maskapai pelat merah tersebut bahkan sudah menunjuk konsultan untuk menyelesaikan permasalahan utang tersebut.

"Kita meminta, supaya ada target realistis dalam kondisi kekinian," ucapnya.

Baca juga: Utang 500 Juta Dollar AS Segera Jatuh Tempo, Garuda Minta Relaksasi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.