Dihantam Covid-19, Salah Satu Maskapai Terbesar di Amerika Latin Ajukan Pailit

Kompas.com - 12/05/2020, 09:07 WIB
Maskapai Avianca thecitypaperbogota.comMaskapai Avianca

ATLANTA, KOMPAS.com - Salah satu maskapai terbesar di Amerika Latin, Colombian airline Avianca (AVH) mengibarkan bendera putih akibat tak tahan dengan gempuran wabah virus corona (Covid-19).

Dikutip CNN, Selasa (12/5/2020), maskapai tertua kedua di dunia itu mengajukan kebangkrutan chapter 11 di distrik New York Selatan, AS, pada Minggu, (10/5/2020).

"Avianca menghadapi krisis yang paling menantang dalam sejarah 100 tahun kami dalam menghadapi dampak pandemi Covid-19," kata CEO Anko van der Werff.

Baca juga: 4 Maskapai Mulai Terbangi Lagi Bandara Internasional Yogyakarta

Avianca, yang didirikan pada 1919 ini mengklaim sebagai maskapai tertua kedua di dunia yang terus beroperasi hingga akhirnya menyatakan bangkrut pada minggu lalu.

Padahal di akhir tahun 2019, Avianca merupakan maskapai dengan pangsa pasar terbesar ketiga di Amerika Latin, setelah LATAM Airlines (LTM) Chili dan GOL Linhas Aéreas (GOL) Brasil.

Maskapai ini juga merupakan bagian dari Star Alliance, grup industri yang mencakup pemain besar lainnya, seperti Lufthansa (DLAKY) dan Singapore Airlines.

Tahun lalu, sebuah perusahaan induk yang berafiliasi dengan United Airlines (UAL) membeli saham mayoritas di Avianca.

Baca juga: Menjelang Hari-hari Terakhir Usia Maskapai Penerbangan

Alasan kebangkrutan

Sebelum akhirnya menyerah, Avianca telah memangkas jadwal penerbangan dan meminta para karyawan untuk cuti tak dibayar (unpaid leave).

Namun, karantina wilayah memukul pendapatan maskapai. Menurut perseroan, setidaknya 88 persen wilayah operasi maskapai berada dalam masa lockdown dan physical distancing.

Halaman:


Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X